Perempuan Lebih Ulet dan Kuat, UMKM Dihimpit Pandemi

- 23 Agustus 2021, 14:39 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo meninjau produk UMKM yang dikelola para perempuan tanggung di Jawa Tengah
Gubernur Ganjar Pranowo meninjau produk UMKM yang dikelola para perempuan tanggung di Jawa Tengah /Dokumentasi-ilustrasi/

KARANGANYARNEWS – “Ketika para perempuan unjuk gigi atau bicara bisnis, paling ulet ya perempuan ini," kata Gubernur Jateng dalam acara Perempuan dan pengelolaan UMKM, Minggu 22 Agustus 2021 di Semarang.

Dalam acara yang diselenggarakan secara virtual ini, Ganjar Pranowo juga menjelaskan, perempuan lebih ulet mengelola bisnis dan usahanya. Bahkan, di  saat dihadapkan kondisi sulit, seperti pandemi saat ini.

Menurut Ganjar, sudah banyak contoh yang ia lihat mengenai keuletan perempuan dalam menjalankan bisnis. Misalnya, beberapa tahun lalu ia berangkat ke Moskow, Rusia, untuk mendampingi pameran produk UMKM dari Jawa Tengah.

Baca Juga: Pemerintah Komitmen Jadikan Indonesia Mesin Ekonomi Halal Dunia

Waktu itu ia mendapati seorang perempuan pemilik UMKM pembuat tas dari Jawa Tengah kesulitan mengeluarkan produk UMKM dari bea cukai setempat. Produk tasnya dicurigai harganya ratusan juta, padahal cuma Rp 900 ribu.

“Awalnya pemilik produk itu menangis, akhirnya ia mengikhlaskan barang itu karena ternyata barang produksinya diakui bagus dan dituduh berharga mahal. Ini menjadi hal penting bagi pelaku usaha," katanya.

Ganjar juga memberikan contoh lain, mengenai keuletan perempuan dalam mengelola bisnis dan melihat kesempatan untuk mengembangkan bisnisnya. Perempuan yang dimaksud, penjual donat di Gombong.

Baca Juga: Pasang Instalasi Listrik Baru Wajib Lapor Kinerja dan Punya Nomor Identitas

Saat bertemu secara virtual dalam sebuah acara, Ganjar sempat memesan donat untuk dikirim ke kediamannya di Semarang.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah