Sinergi Electrum, Pertamina, Gogoro, dan Gesits Percepat Ekosistem Kendaraan Listrik Indonesia

- 23 Februari 2022, 13:48 WIB
Pengukuhan kolabirasi sinergi Electrum, Pertamina, Gogoro, dan Gesits, bersinergi untuk mengakselerasi pengembangan ekosistem kendaraan listrik terintegrasi, Rabu (24/2/2022) di Jakarta.
Pengukuhan kolabirasi sinergi Electrum, Pertamina, Gogoro, dan Gesits, bersinergi untuk mengakselerasi pengembangan ekosistem kendaraan listrik terintegrasi, Rabu (24/2/2022) di Jakarta. /

KARANGANYARNEWS-Electrum, perusahaan patungan Gojek dan TBS Energi Utama (TBS), bersama Pertamina, gogoro, dan GESITS, bersinergi untuk mengakselerasi pengembangan ekosistem kendaraan listrik terintegrasi dan terlengkap di Indonesia.

Pengukuhan komitmen bersama dan kolaborasi itu dihadiri Presiden Joko Widodo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif.

Perusahaan-perusahaan yang berkolaborasi tersebut bakal mengembangkan ekosistem kendaraan listrik secara terintegrasi, dari hulu ke hilir.

"Pemerintah sangat serius untuk masuk pada energi baru terbarukan termasuk menuju pada kendaraan listrik," kata Presiden Jokowi dalam sambutan saat pengukuhan di Jakarta, Rabu (24/2/2022).

Oleh sebab itu, presiden menghargai keberanian perusahan-perusahaan masuk dari hulu sampai hilir untuk memulai membangun ekosistem kendaraan listrik.

"Kita harapkan sesuai target di 2030 untuk emisi karbon berada di angka 29%, dan di 2060 masuk ke emisi nol atau net zero carbon," kata Jokowi.

Menandai pengukuhan komitmen dan kolaborasi, Electrum, Pertamina, gogoro, dan GESITS akan memperluas uji coba komersial penggunaan kendaraan listrik roda dua yang akan terus dikembangkan secara bertahap hingga ribuan unit di sepanjang tahun 2022.

Hasil uji coba akan dimanfaatkan sebagai landasan rencana bisnis Electrum. Perusahaan gabungan Gojek dan TBS ini sudah memiliki rencana membangun manufaktur motor listrik, teknologi pengemasan baterai, infrastruktur penukaran baterai, dan pembiayaan untuk memiliki kendaraan listrik.

Kolaborasi itu akan memanfaatkan masing-masing keahlian dari keempat perusahaan untuk makin mendorong pengembangan infrastruktur kendaraan listrik di Indonesia. Electrum bertindak sebagai integrator dan pengembang ekosistem kendaraan listrik, memanfaatkan kehadiran Gojek di Indonesia dan keahlian TBS di sektor energi.

Sedang Pertamina lewat Pertamina Patra Niaga menyediakan stasiun penukaran baterai motor listrik di berbagai SPBU yang tersebar di kawasan Jakarta Selatan. Ini didukung Gogoro sebagai penyedia inovasi teknologi penukaran baterai dan motor listrik, dan Gesits menyediakan motor listrik beserta infrastrukturnya.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x