Tinggi Inflasi di Jawa Tengah, Ini Langkah Strategis Gubernur Ganjar Pranowo

- 8 Juli 2022, 07:25 WIB
Inflansi tinggi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo rapat dengan berbagai instansi terkait membahas solusi tingginya inflasi
Inflansi tinggi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo rapat dengan berbagai instansi terkait membahas solusi tingginya inflasi /Humas Pemprov Jateng/

KARANGANYARNEWS – Enam kabupaten dan kota di Jawa Tengah bulan Juni 2022 mengalami inflasi tinggi, tercatat hingga 4,97 persen.

Kabupaten dan kota yang inflasi tinggi tadi, sebagaimana disebutkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, masing-masing Kota Semarang, Surakarta, Tegal, Purwokerto, Kudus dan Cilacap.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengaku teloah menyusun langkah cepat dan strategis, untuk segera dapat mengatasi inflasi yang terjadi di wilayahnya.

Baca Juga: Aplikasi MyPertamina Dihujani Review Bintang 1, Netizen: Nyusahkan Rakyat!

Dia katakana, beberapa komoditi yang menyebabkan inflasi di Jawa Tengah diantaranya kenaikan harga cabai merah, cabai rawit, bawang merah, angkutan udara, dan telur ayam ras.

“Menariknya di Jawa Tengah ini surplus semua, makanya ini surplus tapi kok harganya tinggi. Dugaan saya bawang merah sama cabainya piknik ke beberapa daerah lain yang membutuhkan,” kata Ganjar Pranowo seusai rapat dengan instansi terkait di kantornya, Kamis 07 Juli 2022.

Langkah penanganan jangka pendek, menurut Gubernur Jawa Tengah akan segera diambil. Salah satunya, operasi pasar di enam daerah inflasi tinggi tadi. Selain itu,  dijelaskan juga tidak menutup kemungkinan mengintervensi distribusi sejumlah komoditi.

Baca Juga: Begini Tampilan Isi Lengkap MyPertamina, Versi Website dan Aplikasi

“Enam daerah tersebut besok akan kita ajak bicara apakah sudah akan melakukan intervensi atau belum,” kata dia. Langkah lainnya, jikalau fluktuasi tinggi potensi daerah akan digerakkan.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x