Anda Harus Tahu, Ini Lho Manfaat Minum Kopi Setiap Hari

- 1 Juli 2021, 04:01 WIB
Minum kopi hitamberpotensi kopi menurunkan 20 persen risiko kematian pada pria, dan 26 persen pada wanita dalam rentan umur 18-24 tahun.
Minum kopi hitamberpotensi kopi menurunkan 20 persen risiko kematian pada pria, dan 26 persen pada wanita dalam rentan umur 18-24 tahun. /Shutterstock

KARANGANYARNEWS.COM-Manfaat minum kopi tidak hanya untuk menahan kantuk. Minum kopi ternyata baik untuk kesehatan, seperti menurunkan risiko sakit jantung, hati, stroke, dan parkinson. Namun, manfaat kopi akan optimal jika Anda meminumnya dengan benar.

Kopi yang sehat tentunya kopi hitam tanpa tambahan gula dan krim. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum kopi hiyam setiap hari memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit hati.

Penelitian yang diirilis di jurnal BMC Public Health menganalisis data dari lebih dari 495.000 orang di Inggris selama rata-rata 10 tahun.

Namun, selain minum kopi mencegah penyakit hati juga harus didukung dengan berolahraga secara teratur, membiasakan makan sehat, dan tidak menkonsumsi alkohol.

Penikmat kopi sejati bisa dipastikan memilih kopi hitam tanpa campuran. Kopi original tersebut memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dikutip dari situs Harvard School of Public Health, minum kopi secara rutin bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Mengkonsumsumsi 4 cangkir kopi per hari akan menurunkan 20% risiko stroke dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali.

Penelitian yang dipublikasikan jurnal Current Cardiology Reports juga menyebut minum kopi secara rutin tidak berakibat buruk terhadap kesehatan kardiovaskular.

Manfaat minum kopi lainnya adalah untuk mempertahankan berat badan ideal. Sebab kafein mampu membakar lemak. Selain menurunkan berat badan, kopi juga mampu mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2.

Namun, untuk penderita diabetes, kafein pada kopi berisiko memengaruhi kadar gula darah, bisa menjadi lebih tinggi atau rendah. Perlu konsultasi dokter bagi penderita diabetes.

Kafein dalam kopi terbukti memiliki efek positif pada otak. Kafein bisa meningkatkan kewaspadaan, membantu konsentrasi, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi risiko depresi.

Halaman:

Editor: Ganug Nugroho Adi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah