20 Cara Membuat Judul Berita Versi PRMN, Salah Satunya : Jangan Soal Mistis

- 20 Oktober 2021, 19:00 WIB
Tangkapan Layar Pelatihan Content Creator Batch 28.
Tangkapan Layar Pelatihan Content Creator Batch 28. /Langgeng Widodo/

KARANGANYARNEWS-Salah satu keberadaan Pikiran Rakyat Media Network yang mempunyai hampir 200 mitra di berbagai daerah di Indonesia adalah menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI.

Karena itu, berita yang ditayangkan secara online pun menghindari hal hal yang cenderung memecah belah persatuan, intoleransi, kebencian, fitnah, dan berbau sara, selain berita berita berbobot dan aktual.

"PRMN juga melukan blacklist pada sejumlah politisi, selebritis, dan orang-orang yang pernyataan dinilai bombastis dan memecah belah, dan mengadu domba," kata Manager Media Network Promedia Teknologi Indonesia Asri Sulistyowati.

Hal itu dikatakan ketika menjawab pertanyaam peserta dalam pelatihan content creator Batch 28 sesi kedua hari ketiga, Rabu (20/10/2021). Pelatihan yang digelar PRMN secara online itu diikuti sekitar seratus content creator dari berbagai mitra PRMN yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Namun dalam paparannya, Asri Sulistyowati lebih banyak memaparkan, bagai mana membuat judul berita versi PRMN. Menurut mantan leader Pikiran Rakyat Tasikmalaya dan Pikiran Rakyat Cirebon itu, ada 20 cara membuat judul berita yang baik. Yakni, judul jangan datar, judul jangan dijawab foto, dan jangan berhenti sampai judul.

"Kalau berhenti sampai judul saja, orang hanya membaca judulnya saja dan tidak akan meneruskan membaca artikel atau berita. Karena keinginan atau pertanyaan sudah terjawab," kata Asri.

Kemudian, judul jangan clickbait atau mislead. Artinya, judul jangan menipu pembaca, yakni antara judul dan tubuh berita tidak sama. Lalu judul yang menyimpan rahasia atau memancing penasaran pembaca, judul perbandingan objek populer, judul menonjolkan sisi unik.

Lalu  judul mengunggah empati dan judul bercerita soal nostalgia. "Dan judul jangan berbau mistis yang dipertanyakan kebenarannya," kata Asri.

Selanjutnya, judul paradoks, judul kompilasi momentum, judul kumpulan artikel terpopuler, judul kompilasi fakta, judul yang menegangkan, judul yang mengandung angka, judul yang mengandung kutipan, dan judul dengan kata-kata mengikat.

"Ada pula judul kumpulan tips atau cara dan judul dengan longtail keyword," jelas perempuan cantik berkaca mata itu.

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x