5 Misteri Gunung Lawu yang Belum Terkuak

- 25 Desember 2021, 00:55 WIB
Gunung Lawu berselimut kabut
Gunung Lawu berselimut kabut /Aa

KARANGANYARNEWS - Keindahan kawasan Gunung Lawu menjadi alasan wisatawan untuk berbondong-bondong rekreasi di Tawangmangu dan sekitarnya. Tapi tahukah Anda bahwa di kawasan sekitar Gunung Lawu menyimpan mitos dan kejadian misterius yang sampai saat ini belum terkuak.

Apa sajakah mitos dan peristiwa misterius yang sampai saat ini belum terkuak? Berikut ini daftar lengkapnya yang kami kutip dari berbagai sumber. 

1. Pantang Pacaran

Mitos pantang pacaran di Tawangmangu mungkin asing karena tidak pernah mendengarnya setidaknya dari mulut ke mulut. Tapi bagi generasi tahun 1970 an hingga 1990 an, mitos ini sempat ngehits.

Baca Juga: 5 Kedai Kopi Paling Recommended & Instagramable di Lereng Lawu

Adapun mitos itu adalah berupa pantangan orang pacaran ke Tawangmangu. Diyakini, banyak orang yang kisahnya kandas di tengah jalan setelah pacaran di Tawangmangu.

Keberadaan mitos itu pun lama-lama pudar setelah banyak pasangan yang akhirnya menikah, padahal pernah bahkan sering piknik bersama pacar di kawasan lereng Gunung Lawu tersebut.

2. Jalak Lawu

Keberadaan beberapa ekor burung Jalak Jawa di jalur pendakian Gunung Lawu kerap dikaitkan dengan sosok Kyai Jalak. Tak sedikit yang yakin bahwa keberadaannya menjadi penuntun para pendaki untuk menuju puncak Lawu karena bersih hatinya.

Halaman:

Editor: Abednago Afriadi

Sumber: YouTube Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x