Kisah Angker Benteng Vastenburg, Muncul Penampakan Noni Belanda hingga Bau Darah

- 3 Januari 2022, 16:37 WIB
Benteng Vastenburg di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo yang diyakini cukup angker. (Foto: Dok. Istimewa/putut)
Benteng Vastenburg di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo yang diyakini cukup angker. (Foto: Dok. Istimewa/putut) /

KARANGANYARNEWS - Jika kita ke Kota Solo dan melewati kawasan Gladak pasti tidak asing dengan salah satu bangunan peninggalan Belanda yang masih ada hingga kini, yakni Benteng Vastenburg.

Benteng kuno berlokasi di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo ini dibangun pada 1745 atas perintah Gubernur Jenderal Baron van Imhoff.

Bangunan ini dulunya berfungsi sebagai tempat bertahan dan pengawasan Belanda terhadap penguasa Surakarta, khususnya kepada Keraton Surakarta.

Baca Juga: Jisoo BLACKPINK Ulang Tahun ke-27, Bagikan Foto Imut Menggemaskan

Sebagai tempat bertahan, benteng ini memiliki tembok setinggi enam meter dikelilingi parit yang berfungsi sebagai perlindungan dengan jembatan di pintu depan dan belakang.

Di balik kegagahannya, Benteng Vastenburg menyimpan kisah mistis dan kesan angker yang membuat bulu kuduk merinding.

Benteng Vastenburg di Jalan Jenderal Sudirman, Pasar Kliwon, Solo diyakini cukup angker di mana muncul penampakan Noni Belanda (Foto: Dok. Istimewa/putut)
Benteng Vastenburg di Jalan Jenderal Sudirman, Pasar Kliwon, Solo diyakini cukup angker di mana muncul penampakan Noni Belanda (Foto: Dok. Istimewa/putut)

Seperti dialami Dodo, seorang penarik becak di depan Benteng Vastenburg. Dia mengakui Benteng Vastenburg dikenal cukup angker.

Dodo mengungkapkan dirinya pernah didatangi sosok wanita tinggi besar.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x