Bikin Merinding, Pohon-pohon Jati di Punden Masin Kudus Bisa Menangis

- 25 Maret 2022, 15:35 WIB
Batang-batang pohon jati berusia ratusan tahun tersebar di sekitar punden Masin Kudus
Batang-batang pohon jati berusia ratusan tahun tersebar di sekitar punden Masin Kudus /Klasik Herlambang/Karanganyar News

KARANGANYARNEWS - Punden Masin menyimpan sejuta misteri, yang terkait dengan keberadaan makam Dewi Nawangsih dan Raden Bagus Rinangku serta pohon-pohon jati berusia ratusan tahun di sekelilingnya.

Legenda yang melekat dalam perjalanan cinta kedua tokoh itu, menciptakan cerita mistis di kawasan punden yang berada di  Dusun Masin, Desa Kandang Mas, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Aura mistispun sangat terasa saat melangkahkan kaki memasuki kawasan hutan kecil yang melingkupi punden Masin.

Tidak semua orang akan berani masuk ke kawasan yang dikenal keramat ini, bila tidak memiliki keperluan khusus, yaitu berziarah ke makam Dewi Nawangsih dan Raden Bagus Rinangku.

Ketakutan warga bukan tanpa alasan. Sebab jajaran pohon-pohon jati raksasa yang menjadi tanaman utama di hutan ini diyakini sebagai jelmaan dari warga Desa Kandang Mas yang dikutuk Sunan Muria.

Baca Juga: Anti Banjir, Ini Beberapa Tempat Keramat yang Diyakini Mampu Menahan Amukan Bengawan Solo

Sehingga sampai sekarang mereka masih memiliki dendam khusus, yang tak jarang dilampiaskan pada orang-orang yang memasuki kawasan ini.

Dendam seperti apakah itu?

Suparjo, juru kunci makam Dewi Nawangsih menjelaskan bahwa bila ada seseorang yang masuk hutan ini, dan tanpa sengaja membawa potongan bagian dari pohon jati itu, maka dia akan dilanda musibah.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x