9 Syariat Islam, Pentingnya Kita Memahami Diri Sendiri

- 22 April 2022, 02:20 WIB
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Ngaji Bareng |.| Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.

TAK seorangpun di dunia tidak memiliki identitas siapa dirinya. Meskipun demikian, jarang yang memahami siapa dirinya serta tujuan hidupnya.

Aapakah sebatas untuk makan, minum, tidur, atau mencari uang saja? Banyak  diantara manusia tidak mengetahui apa pentingnya mengenal diri sendiri, termasuk juga mengetahui jatidirinya dihadapan allah SWT.

Mengenal diri sendiri, merupakan salah satu hal yang diperintahkan Allah SWT kepada umatnya. Berikut 9 hal terkait pentingnya mengenal diri sendiri, sebagaimana dalam syariat Islam.

Baca Juga: Wajib Direnunghayati, Inilah 6 Kiat Mengkritik Tanpa Menyakiti Hati

1.Pentingnya Mengenal dan Memahami Diri Sendiri

Semua manusia didunia ini tentu mengetahui siapa namanya, dimana ia tinggal, dimana dilahirkan dan lainnya. Tetapi tidak banyak yang memikirkan siapa dirinya yang sesungguhnya, apa tujuannya hidup didunia dan apa yang dilakukan setelah nanti ia tiada.

Kebanyakan manusia saat ini tidaklah begitu mengenal jatidiri yang sebenarnya, padahal Rasul sendiri mengingatkan, mengenal diri sendiri adalah langkah pertama dalam mengenal Allah SWT sebagai Tuhan seluruh alam. Sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut ini;

مَنْ عَرَفَ نَفْسَهُ فَقَدْ عَرَفَ رَبَّهُ وَمَنْ عَرَفَ رَبَّهُ فَسَدَ جَسَدَهُ

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah