Tetap Tabah dan Maafkan, Inilah Ijabah Dibalik Sakit Hatimu

- 27 April 2022, 20:10 WIB
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Ngaji Bareng |.| Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.

RODA kehidupan setiap umat manusia, tak selalu di atas. Ada saja kejadian yang membuat kita kecewa, hingga berujung sakit hati. Ketika sakit hati, sungguh kita rasakan sangat merana.

Terlebih jikalau yang menyakiti hati kita orang terdekat, semakin pilu bagai tersayat sembilu rasanya. Jangankan berusaha menyembuhkan, untuk melupakan sekejap pun tak mampu hingga dendam tersipan dalam hati.

Namun demikian semoga kita selalu ingat dan teguh kukuh, tidak menjadi orang yang memberikan kesulitan kepada orang lain, termasuk kepada orang yang menyakiti hati kita.

Baca Juga: Risalah Nikmat Sehat dan Iman Teruntuk Ketaatan

Balas dendam, bukanlah solusi yang tepat. Selebihnya, kita juga mentauladani sabda Rasulullah terkait tiga golongan manusia yang doanya cepat dijabah.

“Ada tiga golongan manusia yang doa mereka tidak akan ditolak: Orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doanya orang yang dizalimi”.

“Allah akan mengangkat doanya sampai di atas awan dan dibukakan pintu-pintu langit untuknya, dan Allah berfirman: ‘Demi keagungan-Ku, Aku benar-benar akan menolongmu meskipun tidak serta merta." (HR. Tirmidzi dan yang lainnya, hadits ini dishohihkan oleh Syaikh Al-Albani).

Baca Juga: Mudik Lebaran, Inilah 5 Rangkaian Doa Selamat Sampai Tujuan

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x