Keluar dari Pakem, Wayang Pawon Lahir Kembali dengan 16 Daya Tariknya

- 2 Juni 2022, 20:40 WIB
Personil Wayang Pawon Reborn siap ramaikan dunia hiburan  di Indonesia
Personil Wayang Pawon Reborn siap ramaikan dunia hiburan di Indonesia /Astrid Setya/

KARANGANYARNEWS - Menurut pakemnya, wayang itu dilengkapi seperangkat alat gamelan lengkap, seperti bonang, barung, rebab, saron, kendang, kempul, ketuk dan sejenisnya. 

Namun tak semua wayang digelar sesuai pakem, karena ada beberapa wayang justru tampil nyleneh dari pakem, sebut saja Wayang Pawon, yang kini mengubah konsep dan mengganti manajemen menjadi Wayang Pawon Reborn. 

Cerita yang diangkat pun beragam sarat cerita tradisional, yang diambil dari serat-serat tradisional Jawa seperti Serat Wedhatama juga Serat Kalatidha, juga yang banyak berkutat pada cerita klasik pewayangan seperti Mahabarata dan Ramayana, serta cerita kekinian, nyentrik ataupun sarat muatan pendidikan. 

Wayang yang diciptakan Agus Priyanto, melalui FF Production ini memang keluar dari pakem-pakem wayang yang berlaku, namun tetap asyik dan menghibur. 

Berikut liputan KaranganyarNews.com tentang 16 daya tarik yang dimiliki Wayang Pawon Reborn, yang belum lama ini pentas di Rahma Resto Tawangmangu. 

1. Lahir Spontan

Pawon yang berarti dapur diambil menjadi nama wayang yang lahir saat tahun pertama pandemi, yakni 20 September 2020, merupakan ide spontan, lantaran wayang jenis ini belum pernah ada.

2. Usung Perabotan Dapur

Tak semata-mata perabotan dapur diusung dalam pagelaran ini, karena yang dipakai hanya perabotan dapur yang unik, khas dan sesuai kebutuhan dalang, seperti siwur atau gayung dari bathok kelapa, entong atau sendok nasi yang terbuat dari kayu, kukusan yang terbuat dari anyaman bambu, ulek-ulek, sendok, garpu dan talenan.

3. Percantik Penampilan

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x