Jangan Kalap saat 11.1 Sale! Ini Tips Membelanjakan Uang dengan Bijak Agar Sehat Finansial

- 16 Oktober 2023, 14:59 WIB
Di era aktivitas berbelanja i sangat praktis dan mudah, ada hal yang penting untuk dipahami. Tak lain, adalah cara membelanjakan uang dengan bijak.
Di era aktivitas berbelanja i sangat praktis dan mudah, ada hal yang penting untuk dipahami. Tak lain, adalah cara membelanjakan uang dengan bijak. /Ilustrasi belanja/ ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/nym/ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/nym.

KARANGANYARNEWS - Di era di mana aktivitas berbelanja menjadi sangat praktis dan mudah ada hal yang penting untuk dipahami yaitu cara membelanjakan uang dengan bijak. Memahami cara membelanjakan uang dengan bijak merupakan hal yang penting karena akan berpengaruh terhadap kualitas hidup seseorang.

Jika seseorang gagal dalam mengelola keuangannya, ia akan kehilangan kesempatan mendapatkan benefit dari belanja online yang menawarkan berbagai benefit. Seperti 11.11 sale yang akan segera tiba beberapa hari lagi. Jika tidak bersiap dari sekarang mengatur keuangan, benefit yang ditawarkan dari 11.11 sale menjadi tidak optimal untuk dimanfaatkan.

Nah, agar dapat memanfaatkan benefit dari belanja online dengan baik, Simak dan pahami tips membelanjakan uang dengan bijak agar sehat finansial berikut ini.

1. Membedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Tips pertama untuk membelanjakan uang dengan bijak agar sehat finansial adalah mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Hal ini kedengarannya mudah, tetapi tidak pada kenyataannya.

Menurut riset dari lembaga tepercaya mengenai perilaku konsumen dalam berbelanja online, sebanyak 73% anak muda di Indonesia menghabiskan uang mereka untuk mengikuti gaya hidup teman dan lingkungannya.

Agar dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan, Anda bisa mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri.

  • Apakah dengan membeli barang ini kualitas hidup saya akan bertambah dengan signifikan?
  • Apakah tanpa membeli barang ini saya masih bisa hidup nyaman?
  • Apakah dengan melakukan hal ini kondisi keuangan saya akan terancam?
  • Bagaimana saya bisa memulihkan kondisi keuangan setelah membeli barang ini?

Jawaban dari pertanyaan tersebut akan sangat membantu Anda. Sebagai contoh, ketika Anda ingin membeli smartphone keluaran terbaru, padahal smartphone Anda yang saat ini masih berfungsi dengan baik.

Dengan memiliki handphone terbaru mungkin kualitas hidup Anda akan sedikit meningkat, tetapi tanpa itu pun Anda masih bisa hidup nyaman. Artinya, boleh jadi hal itu merupakan sebuah keinginan semata, bukan sebuah kebutuhan.

Lain halnya ketika Anda membeli laptop atau chromebook baru karena laptop yang sekarang sudah berumur dan lemot. Anda menjadi tidak bisa bekerja dengan optimal dengan menggunakan laptop yang ada.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x