Tips dan Cara Merawat Bulu Cucak Ijo Mini dan Dewasa Agar Bagus dan Tidak Mudah Rusak

- 14 Februari 2024, 09:05 WIB
Tips dan Cara Merawat Bulu Cucak Ijo Mini dan Dewasa Agar Bagus dan Tidak Mudah Rusak
Tips dan Cara Merawat Bulu Cucak Ijo Mini dan Dewasa Agar Bagus dan Tidak Mudah Rusak /Shoope/


KARANGANYARNEWS - Banyak yang belum tahu cara merawat bulu cucak ijo agar bagus dan tidak mudah rusak. Simak artikel ini untuk mengetahui tips dan triknya.

Cucak ijo menjadi jenis burung kicau yang populer di kalangan pecinta burung. Burung ini memiliki suara yang merdu dan bulu yang indah. Namun, bulu cucak ijo juga rentan mengalami kerusakan akibat faktor lingkungan, makanan, atau perawatan yang kurang tepat.

Bulu yang rusak akan membuat cucak ijo terlihat kurang sehat dan menurunkan nilai jualnya. Lalu, bagaimana cara merawat bulu cucak ijo agar bagus dan tidak mudah rusak?

Baca Juga: 5 Trik dan Cara Melatih Cucak Ijo Cepat Gacor dan Siap Lomba Burung

Cara Merawat Bulu Cucak Ijo

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan dan keindahan bulu cucak ijo dikutip dari chanel youtube Kampung kicau..

1. Berikan Makanan yang Bergizi dan Seimbang

Makanan yang bergizi dan seimbang adalah salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan dan keindahan bulu cucak ijo.

Makanan yang baik untuk cucak ijo adalah yang mengandung protein, vitamin, mineral, dan lemak yang cukup. Beberapa contoh makanan yang bisa Anda berikan adalah:

Voer, yaitu makanan kering yang terbuat dari campuran biji-bijian, sayuran, buah, dan daging. Voer bisa Anda beli di toko burung atau membuatnya sendiri. Berikan voer secukupnya dan jangan terlalu banyak, karena bisa membuat cucak ijo gemuk dan malas berkicau.

Buah-buahan, seperti pisang, apel, pepaya, jeruk, dan lain-lain. Buah-buahan mengandung vitamin, mineral, dan air yang baik untuk bulu cucak ijo.

Berikan buah-buahan setiap hari, tapi jangan terlalu banyak, karena bisa menyebabkan diare.

Halaman:

Editor: Mupus Prasetyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x