Pelaksanaan Haji 2021 Berjalan Sukses, Diklaim Aman Dari Covid 19

- 23 Juli 2021, 15:00 WIB
Umat Islam tiba untuk melaksanakan Wukuf di Arafah, Arab Saudi, Senin (19/7/2021). (Foto: Reuters/Ahmed Yosri)
Umat Islam tiba untuk melaksanakan Wukuf di Arafah, Arab Saudi, Senin (19/7/2021). (Foto: Reuters/Ahmed Yosri) /

KARANGANYARNEWS, Musim Haji tahun 2021 telah sukses dilaksanakan. Ini kali kedua pemerintah Arab Saudi menyelenggarakan ibadah haji tanpa adanya jemaah dari luar negeri.

Berdasarkan laporan Saudi Press Agency, otoritas Arab Saudi mengumumkan bahwa pelaksanaan musim haji tahun ini berjalan lancar dan aman dari virus corona serta penyakit menular lainnya.

Menurut Menteri Kesehatan Arab Saudi Tawfiq Al-Rabiah keberhasilan tersebut juga dikarenakan integrasi sistem antara fasilitas kesehatan di tempat-tempat suci, ambulans dengan peralatan canggih serta tim siaga yang berkualitas.

Pihak kementerian menambahkan bahwa pembatasan jumlah jemaah domestic selama musim Haji tahun ini juga mendukung keberhasilan tersebut.

Tahun ini pemerintah Arab Saudi hanya mengizinkan 60 ribu jemaah haji yang berasal dari dalam negeri. Mereka adalah warga Arab Saudi dan ekspatriat yang bermukim disana.

Selama pelaksanaan ibadah haji, otoritas setempat menerapkan protokol kesehatan dan syarat yang ketat. Bahkan menggunakan robot-robot untuk menyemprotkan desinfektan di tempat-tempat suci dan pembagian air zam-zam.

Hal ini guna mengurangi interaksi antar manusia sehingga mencegah penularan Covid-19.

Editor: Zening Demaringtyas

Sumber: xianhuanet


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x