Akhirnya Warisan Patung Nusantara Pulang Kembali ke Indonesia

- 29 Juli 2021, 09:30 WIB
Patung Dewa Siwa yang dikembalikan pada Indonesia. (Foto: instagram/@budayasaya)
Patung Dewa Siwa yang dikembalikan pada Indonesia. (Foto: instagram/@budayasaya) /

KARANGANYARNEWS, Indonesia dikenal dengan beragam budaya yang kaya. Banyak warisan peninggalan budaya baik benda dan yang tak benda yang perlu dilestaeikan.

Khususnya peninggalan budaya Nusantara berupa benda yang banyak dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab untuk mendapat keuntungan pribadi dengan cara menjualnya di pasar gelap.

Kabar gembira datang dari New York, Amerika Serikat tentang pengembalian 3 patung warisan budaya Nusantara pada masyarakat Indonesia.

Sebagaimana dilansir dari akun instagram @budayasaya, Rabu (28/7/2021), dalam unggahannya mengungkapkan bahwa pada hari Selasa (27/7/2021) waktu setempat, Jaksa Wilayah Manhattan, New York, Cyrus Vance Jr, mengumumkan pengembalian tiga barang antik berbentuk patung pada Indonesia dalam rangka repatriasi.

Pada kesempatan itu hadir pula Konsul Jenderal RI, Dr Arifi Saiman , Ma dan Deputi Agen Khusus Investigasi Keamanan Dalam Negeri AS, Erick Rossenblatt.

Tiga patung ini ditaksir bernilai milyaran rupiah.

"Tiga patung yang dikembalikan tersebut adalah patung Dewa Siwa (ukuran 6x4x8,25 inci) yang bernilai sekitar Rp.186,3 juta, patung Dewi Parwati (ukuran 5,5x4,5x7,5) inci bernilai sekitar Rp.467,8 juta dan patung Dewa Ganesha (ukuran 3x2, 5x4,5 inci) bernilai sekitar Rp.596,8 juta. Total nilai ketiga patung tersebut sekitar Rp.1,25 Miliar," tulis unggahan akun Instagram @budayasaya.

Pengembalian ini merupakan hasil upaya yang dilakukan oleh Direktorat Jendral Kebudayaan yang telah lama menjalin kerjasama dengan Kepolisian RI untuk memanfaatkan jaringan interpol memburu barang-barang antik yang dilarikan ke luar negeri.

Sementara itu Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Indonesia Hilmar Farid menyampaikan rasa terima kasihnya atas pengembalian serta penyelidikan terhadap ketiga patung serta artefak milik Indonesia.

Halaman:

Editor: Zening Demaringtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x