Gelar Doktor Honoris Causa Mussolini Dipermasalahkan. Begini Tanggapan Universitas Lausanne Swiss

- 25 Juni 2022, 23:38 WIB
Benito Mussolini saat bersama Adolf Hitler di Jerman pada 1940
Benito Mussolini saat bersama Adolf Hitler di Jerman pada 1940 /Arsip Nasional/ANTARA

KARANGANYARNEWS - Mendiang diktator Italia Benito Amilcare Andrea Mussolini atau yang dikenal dengan nama Benito Musolini pada tahun 1937 mendapat gelar doktor kehormatan (honoris causa) dari Universitas Lausanne (UNIL) di Swiss.

Namun belakangan gelar ini dipermasalahkan beberapa pihak, karena dikaitkan dengan sepak terjang Mussolini semasa hidupnya.

UNIL memberi gelar doktor kepada pemimpin fasis itu karena "telah merencanakan dan mewujudkan sebuah organisasi sosial di tanah kelahirannya… yang meninggalkan bekas mendalam pada sejarah."

Baca Juga: Makin Panas, 85 Diplomat Prancis, Spanyol dan Italia Diusir dari Rusia

Universitas itu telah diminta oleh berbagai pihak untuk mencabut penghargaan kontroversial tersebut karena diberikan kepada seorang sekutu Adolf Hitler selama Perang Dunia Kedua.

Sebuah panel pakar yang ditugaskan untuk memeriksa kasus itu menyimpulkan bahwa keputusan memberikan gelar doktor "merupakan kesalahan serius dari otoritas-otoritas pendidikan dan politik" pada saat itu.

"Gelar ini merupakan legitimasi bagi rezim kejahatan dan ideologinya," kata mereka dalam laporan yang dirilis pada Jumat 24 Juni 2022.

Baca Juga: Jerman Ancam Tak Akui Taliban Bila Kondisi di Afganistan Tetap Buruk

Panel tersebut tidak merekomendasikan pencabutan gelar itu karena akan memberikan kesan yang salah bahwa keputusan awal untuk memberikannya dapat "dikoreksi hari ini".

Universitas itu mengatakan mencabut penghargaan bisa membuat para pengkritik percaya bahwa pihaknya ingin menghapus masa lalu.

"Ketimbang menyangkal atau menghapus episode ini, yang menjadi bagian dari sejarahnya, manajemen UNIL ingin menjadikannya sebagai peringatan permanen," kata universitas itu dalam pernyataan, Jumat.

Baca Juga: Feri Faila Sufa, Seorang Doktor yang Menyukai Dunia Anak

Mussolini pernah bersekolah di departemen ilmu sosial Universitas Lausanne, mengikuti kelas dari Vilfredo Pareto.

Dan pada tahun 1937, ketika ia menjadi perdana menteri Italia, Universitas Lausanne menobatkan gelar doktor honoris causa kepadanya pada perayaan ulang tahun ke-400 universitas tersebut.

Mussolini, yang pernah tinggal di Swiss pada 1902-1904, dieksekusi mati bersama kekasihnya Clara Petacci oleh kelompok partisan Italia pada April 1945.***

Editor: Andi Penowo

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x