Forum Generasi Muda Lintas Agama Karanganyar Terbentuk, Kemenag : Tugas Utama Merawat Kerukunan Beragama

- 6 Oktober 2021, 15:31 WIB
Musyawarah pembentukan dan pemilihan ketua Forum Generasi Muda Lintas Agama (Forgimala) Karanganyar, Rabu (6/10/2021).
Musyawarah pembentukan dan pemilihan ketua Forum Generasi Muda Lintas Agama (Forgimala) Karanganyar, Rabu (6/10/2021). /Langgeng Widodo/

KARANGANYARNEWS-Forum Generasi Muda Lintas Agama (Forgimala) Karanganyar terbentuk. Pembentukan Forgimala, Rabu (6/10/2021), difasilitasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Karanganyar, usai workshop "Moderasi Beragama Bagi Generasi Muda Lintas Agama" di Kemuning Ngargoyoso Karanganyar.

Pembentukan Forgimala bersifat cair. Rosidi dari GP Anshor Karanganyar terpilih sebagai ketua forum secara mufakat dalam musyawarah yang diikuti 8 ormas dan organisasi kepemudaan itu. Ada pun sekretaris dan bendahara masing masing dipercayakan pada Tarno dari Pemuda Muhammadiyah Karanganyar dan Warsito dari Generasi Muda LDII.

Semua perwakilan pemuda dari berbagai ormas keagamaan yang hadir dalam musyawarah mendapat peran dalam forum yang baru itu. Mulai dari GP Anshor, Pemuda Muhammadiyah, Generasi Muda LDII, Pemuda MTA, Pemuda Katolik, Generasi Muda PHDI, Generasi Muda Walubi, dan Generasi Muda Kristen.

Sebelum pembentukan Forgimala dilakukan pembacaan pernyataan atau ikrar dihadapan para pimpinan Kemenag, Badan Kesbangpol, dan FKUB yang hadir dalam workshop "Moderasi Beragama Bagi Generasi Muda Lintas Agama" tersebut.

Dalam ikrar/pernyataan, para ketua ormas kepemudaan itu pada intinya bertekad menjaga persatuan dan kesatuan umat beragama serta menjunjung tinggi kebhinnekaan atau perbedaan.

"Sebagai generasi muda, kami siap menjaga persatuan dan kesatuan umat beragama di Karanganyar dan siap menjadi solusi dan garda depan jika muncul masalah," kata Rosidi, Ketua GP Anshor Karanganyar, saat membacakan ikrar.

Meski belum melaksanakan rapat kerja, namun anak-anak muda lintas agama penuh optimis itu sudah punya gambaran apa yang akan dilakukan. Seperti wedangan bareng, diskusi bersama, olahraga bersama, dan lain lainnya.

"Kuncinya ada pada komunikasi, jika kita sering berkomunikasi, apa pun sarana yang digunakan, masalah apa pun bisa terselesaikan," kata Tarno, ketua Pemuda Muhammadiyah Karanganyar.

Kepala Kantor Kemenag Karanganyar Wiharso mengatakan, tugas utama dari Forum Generasi Muda Lintas Agama adalah merawat kerukunan umat beragama di Karanganyar yang sudah lama terjalin.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x