Launching Vaksinasi Anak di Karanganyar, Juliyatmono : Ikhtiar Sebelum Pembelajaran Tatap Muka

- 28 Desember 2021, 05:37 WIB
Launching vaksinasi anak 6-11 tahun di MI Muhammadiyah Karanganyar, Senin (127/12/2022).
Launching vaksinasi anak 6-11 tahun di MI Muhammadiyah Karanganyar, Senin (127/12/2022). /Humas Pemkab Karanganyar/

KARANGANYARNEWS-Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan, vaksinasi anak akan melindungi anak-anak dari virus Covid - 19 pada masa tumbuh kembang. Menurut dia, anak-anak yang sehat adalah modal penting dalam proses pertumbuhan.

Nantinya, mereka yang melanjutkan pembangunan Indonesia. Karena itu, kesehatan anak menjadi hal paling mendasar, di samping pendidikan yang baik. Dengan terlindungi dari virus apapun, diharapkan anak-anak bisa meraih cita-citanya.

Program vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini adalah bentuk ikhtiar pemerintah untuk mempersiapkan program Pembelajaran Tatap Muka di sekolah tahun depan. Karena itu, pihaknya berharap, ikhtiar melalui vaksinasi itu bisa menghasilkan hal yang maksimal.

"Siswa-siswa yang divaksin bisa menambah imunitasnya dan para rang tua tidak ragu lagi untuk melepas anaknya ke sekolah," kata dia di sela launching vaksinasi anak di MI Muhammadiyah Karanganyar, Senin (27/12/2021)

Kepala Dinas Kesehatan Purwati mengatakan, sebanyak 80.593 siswa sekolah dasar (SD), usia 6-11 tahun, di Karanganyar mulai menjalani vaksinasi Covid-19. Secara bertahap, vaksinasi dilaksanakan di 17 kecamatan, sesuai jadwal yang ditentukan.

Pada saat menerima vaksin, anak didampingi orang tuanya. Terutama saat proses screening. Orang tua bisa membantu menjawab pertanyaan yang diajukan pada anak, terkait kondisi kesehatannya.

Dikatakan, sejauh ini, tidak ada kendala yang ditemui untuk pelaksanaan vaksinasi anak. Selain melibatkan petugas di 21 puskesmas, kami juga dibantu jajaran TNI-Polri dalam pelaksanaannya.

Sama seperti vaksinasi pada orang dewasa, untuk anak-anak juga akan menjalani dua kali suntikan. "Dosis kedua dilakukan dua pekan setelah dosis pertama. Sekitar pertengahan Januari 2022," kata Purwati.

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x