Pertamina Ajak Generasi Muda Sukseskan Transisi Energi, Ini Tujuannya

- 28 Maret 2022, 13:27 WIB
Gelaran event Youth Forum Energy Transitions yang diselenggarakan Energy Transitions Working Group (ETWG) di Yogyakarta (25/3/2022).   
Gelaran event Youth Forum Energy Transitions yang diselenggarakan Energy Transitions Working Group (ETWG) di Yogyakarta (25/3/2022).   /Dok. Pertamina/

KARANGANYARNEWS-Di Forum G20, Pertamina mendorong percepatan transisi energi berkelanjutan, memastikan transisi yang adil dan terjangkau dan kerja sama global dalam meningkatkan ketahanan energi.

Nah, ditunjang kepercayaan dunia pada Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022, Pertamina mengajak generasi muda berkolaborasi dalam menyukseskan transisi energi.

"Program ini merupakan kesempatan bagi pemuda-pemudi terbaik untuk bisa berpartisipasi menuju energi bersih," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif pada Youth Forum Energy Transitions yang diselenggarakan Energy Transitions Working Group (ETWG) di Yogyakarta (25/3/2022).
 

"Negara kita kaya, sumber daya alamnya luar biasa. Kita punya energi fosil juga sumber energi baru terbarukan, namun yang belum kita punya adalah teknologinya," ujar Arifin.

Menurut Arifin, generasi muda harus bisa melakukan kegiatan yang kreatif terkait dengan inovasi dan teknologi, sehingga ke depan bisa memberikan kontribusi lebih besar khususnya pada transisi energi.


"Kirim anak muda ke pelosok daerah untuk bisa mengidentifikasi sumber EBT yang ada, dan ini akan dijadikan dasar data untuk kita membangun infrastruktur energi, untuk bisa memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat dan akan terus diupayakan ditumbuhkembangkan," ucap Arifin.

Senior Vice President, Research & Technology Innovation PT Pertamina (Persero) OKI Muraza mengatakan dalam mendorong transisi energi berkelanjutan. Secara internal, Pertamina terus mengembangkan inovasi teknologi yang dilakukan melalui Research & Technology Innovation (RTI).

"Secara eksternal, Pertamina terus melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk mengajak generasi muda untuk berperan aktif dalam inovasi dan transisi energi," jelasnya.

Dikatakan, Pertamina memiliki banyak wadah bagi generasi muda untuk berinovasi dalam pengembangan energi. Ada Kompetisi Sobat Bumi, Pertamuda, Pertamina Goes to Campus dan Pertamina Xscout,” imbuh Oki.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x