Mencicipi Kuliner Nusantara Lewat Festival Bakul Jakarta

- 28 Agustus 2022, 23:58 WIB
Beragam sajian kuliner nusantara disajikan dalam Festival Bakul Jakarta
Beragam sajian kuliner nusantara disajikan dalam Festival Bakul Jakarta /Panitia Festival Bakul Jakarta/

KARANGANYARNEWS - Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Administrasi Jakarta Utara membuat wadah khusus untuk membangkitkan kembali UMKM.

Yaitu Festival Kuliner Nusantara atau juga disebut Barista dan Kuliner (Bakul) Festival Jakarta 2022, yang diselenggarakan di Plataran Mall Artha Gading, pada 27 – 28 Agustus 2022.

Tak dipungkiri memang jika berbicara soal kuliner nusantara, Indonesia selain kaya akan budaya, juga kaya akan hasil alam seperti rempah-rempah.

Hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki keanekaragaman kuliner dengan cita rasa yang lezat. Bahkan hampir di setiap daerahnya memiliki makanan khas-nya tersendiri.

Baca Juga: Festival Kuliner Favorit Solo, Upaya Menjaga Tradisi Kuliner dengan Inovasi Teknologi

Kuliner sendiri menjadi salah satu sektor bisnis yang paling banyak digeluti. Selain karena mudah menarik peminat, sektor kuliner ini juga hadir dalam berbagai pilihan.

Mulai dari makanan, kudapan, minuman, hingga pencuci mulut. Tak jarang, pilihan kulinernya juga dibuat dengan bahan atau tampilan yang unik, lain dari biasanya.

Tak heran jika kemudian banyak sektor bisnis kuliner bermunculan dari pelaku UMKM di Indonesia.

Bahkan Menurut publikasi Statistik Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2020 yang
diterbitkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, subsektor kuliner merupakan usaha industri pariwisata dan ekonomi kreatif terbesar dengan persentase usaha terbanyak yaitu 43,6%.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x