Tausiah Hari Ini; Catat, Inilah Risalah Penyebab Ketidaksabaran

- 20 Juni 2022, 23:00 WIB
Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Tausiah |.| Ustadz Moch Isnaeni

RISALAH penyebab ketidaksabaran dalam Tausiah ini, lebih berpijak dari kian kompleknya penyebab ketidaksabaran umat manusia, dikarenakan makin beragamnya problematika hidup dan kehidupan di dunia.

Hakekat bersabar dalam Tausiah ini, bukan hanya kita praktekkan ketika menerima musibah. Namun demikian, kesabaran juga harus bisa kita usahakan dalam bentuk aktif dan proaktif.

Secara umum, Tusiah terkait bersabar ini terdiri tiga jenis; (1) Kesabaran ketika ditimpa musibah, (2) Kesabaran agar bisa terus menjalankan kebaikan, dan (3) Kesabaran untuk bisa menghindari diri dari keburukan.

Baca Juga: Tausiah Hari Ini; Mengkolaborasi Keistimewaan Dibalik Kelemahan

Orang-orang yang bersabar, diidentikan dalam Tausiah ini harus mampu menjaga dirinya dari melakukan perbuatan yang dilarang. Selain itu, harus juga bisa mengarahkan dirinya agar terus berada dalam koridor kebaikan, sebagaimana telah diperintahkan.

Dalam Tausiah Hari ini, kita kutipkan dialog antara Nabi Musa AS dan Khidhr, dimaksud agar kita bisa mengetahui salah satu penyebab ketidaksabaran umat manusia.

Kisah perjalanan mereka berdua, antara Nabi Musa AS dan Khidhr bisa kita lihat di surat Al-Kahfi. Salah satu potongan perkataan Khidhr kepada Nabi Musa AS yaitu;

Baca Juga: Tausiah Hari Ini; Risalah Wanita Sebagai Tiang Negara dalam Syariat Islam

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x