Tausiah Hari Ini; Islam Mensyariatkan Kasih Sayang Sesama Umat

- 16 Juni 2022, 07:59 WIB
Drs. H. Moch Isnaeni, M,Pd.
Drs. H. Moch Isnaeni, M,Pd. /dok pribadi/

Tausiah |.| Ustadz Moch Isnaeni

KEDAMAIAN, persaudaraan dan kasih sayang di antara sesama umat manusia merupakan karakteristik dalam syariat Islam.

Nilai atau prinsip kehidupan yang agung inilah yang menjadi faktor utama, dalam mewujudkan kesejahteraan hidup manusia di muka bumi.

Dikisahkan, pada suatu hari Rasulullah SAW bersama para sahabat menanti musuh hingga matahari condong. Kemudian, beliau berdiri, seraya bersabda;

Baca Juga: Tausiah Hari Ini; Mentauladani Tokoh Usia Pendek Tapi Namanya Terabadikan

“Wahai saudara-saudara, janganlah mengharap-harap bertemu dengan musuh, mohonlah kesejahteraan kepada Allah. Tetapi, kalau kalian bertemu dengan musuh, sabarlah (berhati teguh).”

“Ketahuilah, sesungguhnya surga itu terletak di bawah bayangan pedang." Kemudian beliau bermunajat; Ya Allah, Tuhan yang menurunkan Kitab, yang menjalankan awan dan mencerai-beraikan pasukan musuh, ceraikanlah mereka dan tolonglah kami melawan mereka.” (HR Bukhari)

Dari hadis di atas, Rasulullah SAW memberi pesan berharga kepada kita agar mengutamakan dan memohon kesejahteraan hidup kepada Allah. Segala bentuk kebencian dan permusuhan di antara manusia, lazimnya dihindari. Lebih-lebih, permusuhan dan pertikaian yang terjadi di internal umat Islam itu sendiri.

Baca Juga: Tausiah Hari Ini; Perbuatan Kecilpun Dapat Berbuah Surga, Ini Risalahnya

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x