Katuranggan Primbon Jawa: 4 Perkutut Penarik Rejeki, Paling Banyak Dicari

- 17 Juli 2022, 07:15 WIB
Salah satu burung Perkutut yang disebutkan dalam kitab Katuranggan Primbon Jawa pembawa aura spiritual positip bagi yang memeliharanya
Salah satu burung Perkutut yang disebutkan dalam kitab Katuranggan Primbon Jawa pembawa aura spiritual positip bagi yang memeliharanya /Tangkapan YouTube Master Perkutut Juara/

KARANGANYARNEWS – Dalam kitab Katuranggan Primbon Jawa, burung Perkutut termasuk hewan peliaraan paling banyak dibahas.

Kenapa burung Perkutut lebih luas dan detailnya pembahasan dalam kitab Katuranggan Primbon Jawa?

Berbagai sumber yang dihimpun KaranganyarNews.com menyebutkan, hal tersebut tak lepas dari mitologi masyarakat Jawa yang diwariskan nenek moyangnya, secara runtumurun dari satu generasi ke genirasa estafetnya.

Baca Juga: Katuranggan, Inilah 5 Hewan Pendongkrak Rejeki Pemeliharanya

Dalam kitab Katuranggan Primbon Jawa juga disebutkan, burung Perkutut tidak hanya dimaknai sebagai burung ocehan, dipeliara sekedar didengarkan merdua suaranya.

Mitologi masyarakat Jawa meyakini burung Perketut sebagai ‘klangenan’, hewan peliaraan pembawa aura spiritual positif, mendatangkan tuah keberuntunga bagi yang memeliharanya.

Selain itu, terdapat juga beberapa jenis burung tertentu yang justru beraura spiritual negatif, pembawa balak kesialan atau ketidakberuntungan bagi orang yang memeliaharanya.

Baca Juga: Katuranggan; Gairah Asmara Wanita dari Wajah dan Posturnya

Namun demikian, untuk memilih dan menentukan burung Perkutut yang beraura spiritual positif dan auat negatif memang diakui banyak pihak gampang-gampang susah atau sulit namun mudah.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x