Bagikan Quran Jawi di Malam 1 Suro, Begini Harapan Lembaga Dewan Adat Keraton Surakarta Hadiningrat

- 30 Juli 2022, 08:16 WIB
Quran Jawi, kitab suci Al Quran dengan terjemahan Bahasa Jawa yang merupakan peninggalan Sinuhun Paku Buwono X
Quran Jawi, kitab suci Al Quran dengan terjemahan Bahasa Jawa yang merupakan peninggalan Sinuhun Paku Buwono X /Klasik Herlambang/Karanganyar News

KARANGANYARNEWS - Menandai malam pergantian tahun Jawa atau malam 1 Suro, Lembaga Dewan Adat Keraton Surakarta Hadiningrat menggelar acara wilujengan, doa bersama serta pembagian Quran Jawi.

Ratusan orang yang terdiri dari abdi dalem, sentana, dan yang lainnya ikut hadir dalam acara yang digelar di Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Surakarta Hadiningrat pada Jumat 29 Juli 2022 malam tersebut.

Selain menggelar doa bersama, Lembaga Dewan Adat Keraton Surakarta Hadiningrat juga meluncurkan Quran Jawi, yang kemudian dibagikan ke beberapa tokoh masjid.

Quran Jawi itu sendiri adalah kitab suci Al Quran dengan terjemahan dan tafsir berbahasa Jawa, yang merupakan peninggalan Sinuhun Paku Buwono X.

Baca Juga: Ngeri..! Datangnya Bulan Suro 2022 Bakal Diiringi Bencana Kekeringan dan Krisis Pangan. Ini Penjelasannya

"Quran Jawa ini merupakan tindak lanjut dari keinginan Sinuhun Paku Buwono X untuk meneruskan karya Sinuhun Paku Buwono IV berupa Serat Wulangreh. Serat Wulangreh sendiri merupakan tembang yang berisi intisari dari kitab suci Al Quran," jelas Ketua Lembaga Dewan Adat GKR Wandansari Koes Moertiyah saat ditemui usai acara.

Wanita yang akrab disapa Gusti Moeng ini juga menjelaskan bahwa meski merupakan terusan dari Serat Wulangreh, namun Quran Jawi ini berbeda. 

"Kalau Serat Wulangreh itu kan bisa dikatakan seperti terjemahan bebas, karena dia berbentuk sebuah tembang. Sedangkan Quran Jawi ini benar-benar terjemahan yang mengikuti kaidahnya," lanjutnya.

Untuk menerbitkan Quran Jawi sendiri Lembaga Dewan Adat harus melalui jalan panjang selama 6 tahun. Hal ini karena harus melalui proses pengkajian mendalam di Departemen Agama.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x