Usai Jalani Karantina karena PMK, Kerbau Kyai Slamet Siap Dikirab Pada Malam 1 Suro

- 28 Juli 2022, 21:14 WIB
Ilustrasi. Kerbau keturunan Kyai Slamet milik Keraton Surakarta Hadiningrat kembali dikirab di malam 1 Suro
Ilustrasi. Kerbau keturunan Kyai Slamet milik Keraton Surakarta Hadiningrat kembali dikirab di malam 1 Suro /Klasik Herlambang/Karanganyar News

KARANGANYARNEWS - Setelah tidak diadakan selama 2 tahun karena pandemi, kirab kerbau keturunan Kyai Slamet dipastikan akan digelar tahun ini.

Kepastian ini disampaikan oleh Pengageng Parentah Keraton Surakarta Hadiningrat, KGPH Dipokusumo pada Kamis 28 Juli 2022 siang.

Dalam kirab yang dijadwalkan pada Jumat 29 Juli 2022 tengah malam tersebut, setidaknya ada 5 ekor kerbau yang disiapkan.

Jumlah 5 ekor ini sendiri menurutnya tidak memiliki makna spiritual tertentu, tetapi lebih pada kesiapan dari hewan keramat koleksi Keraton Surakarta tersebut.

Baca Juga: Kembali Gelar Ritual Bakar Tongkang, Ini Harapan Warga Etnis Tionghoa Kota Batam

Ya, seiring dengan mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang beberapa jenis binatang berkaki empat, kerbau keturunan Kyai Slamet pun tak luput dari wabah tersebut.

Karena itulah upaya penanganan secara serius dilakukan. Salah satunya dengan melakukan karantina dan perawatan intensif.

"Rencana ada lima ekor yang akan dikirab. Ini bukan persoalan jumlahnya, tapi lebih pada kondisi dari binatang ini. Yang mana lima ekor ini yang saat ini paling sehat dan siap," jelasnya saat ditemui di Bangsal Smarakata Keraton Surakarta Hadiningrat.

Sebelumnya, usai dilakukan pemeriksaan terhadap seluruh kerbau milik Keraton Surakarta, diketahui ada 11 ekor dari 17 ekor kerbau yang terjangkit PMK.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x