Apa Beda 1 Suro dengan 1 Muharam? Simak Penjelasannya

- 29 Juli 2022, 10:05 WIB
Kirab Kebo Bule malam 1 Suro di Keraton Kasunana Surakarta.
Kirab Kebo Bule malam 1 Suro di Keraton Kasunana Surakarta. /Karanganyarnews.com

KARANGANYARNEWS – Banyak yang masih bingung beda antara 1 Muharam dan 1 Suro. Tidak heran karena kedua momen jatuh pada hari yang sama.

Keduanya, 1 Muharam dan 1 Suro, bisa disebut sama. Tapi juga bisa disebut sebagai dua peristiwa yang beda, terutama terkait latar belakang sejarah.

Dalam kalender hijriah, bulan Suro disebut sebagai bulan Muharam. Nah, tahun baru 1 Muharam 1444 H atau 1 Suro jatuh pada Sabtu, 30 Juli 2022.

Baca Juga: Jadwal Kirab Malam 1 Suro 2022 di Keraton Kasunanan dan Pura Mangkunegaran Solo, Lengkap dengan Panduan Busana

Dalam tradisi Islam, 1 Muharram menandai awal hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makah ke Madinah. Sementara meurut tradisi Jawa, tanggal 1 Muharram adalah malam 1 Suro.

Tanggal 1 Muharam sekaligus merupakan hari suci karena menandai resolusi kalender Islam. Namun, dalam tradisi Jawa 1 Muharam melalui peringatan 1 Suro justru lebih kental dengan suana sakral dan mistis.

Secara umum, 1 Muharram dan 1 Suro adalah sama. Keduanya menadi beda karena masalah penyebutan dan tradisi yang mengiringinya.

Baca Juga: Usai Jalani Karantina karena PMK, Kerbau Kyai Slamet Siap Dikirab Pada Malam 1 Suro

Diketahui 1 Muharram merupakan awal tahun baru hijriah, sedangkan 1 Suro adalah awal darii dimulainya kalender Jawa, yaitu bulan Suro.

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x