5 Tempat Wisata Paling Sakral, Angker dan Mistis

- 8 Januari 2022, 14:39 WIB
Sendhang Bulus Jimbung Klaten
Sendhang Bulus Jimbung Klaten /Instagram

KARANGANYARNEWS - Inilah lima tempat wisata paling sakral, angker, dan mistis yang terletak di kawasan Soloraya. Selain dikenal mistis dan angker, kelima tempat wisatawan ini juga dikenal dapat membawa berkah.

Sebagian besar berupa makam, pertapaan, sendang atau mata air yang dinaungi pohon-pohon besar.

1. Sendhang Bulus Jimbung

Sendang Bulus Jimbung atau bulus belang putih letaknya di Kalikotes, Klaten. Tempat itu masih dipercaya sebagaian orang untuk mencari pesugihan. 

Baca Juga: 5 Wisata Religi Kristen & Gua Maria Paling Ngehits di Tawangmangu

Dari cerita tutur masyarakat sekitar, sendhang itu dihuni sepasang pangeran dan puteri yang tak kasat mata, Ki Poleng dan Nyi Poleng. Keduanya berwujud sepasang bulus atau kura kura atau labu labu.

Orang-orang yang ngalap berkah biasanya menggunakan sesaji seperti kemenyan candu, minyak wangi, tumpeng ayam panggang kampung, kembang setaman serta tiga macam daging ayam mentah. 

Berhasil tidaknya ritual itu ditandai dengan kedatangan seekor kura-kura saat pelaku ritual sedang berendam di sendang itu. Jika kura-kura menggigit telunjuk jari hingga meninggalkan bekas warna putih, itu berarti tirual mencari pesugihannya berhasil.

Baca Juga: Pasar Ngat Pahingan, Ikon Wisata Lereng Merapi Unik Nan Eksotik

Meskipun dijadikan tempat ritual, sendhang itu di sisi lain menjadi tempat rekreasi yang murah meriah. Tempatnya sejuk dan nyaman.

Halaman:

Editor: Abednago Afriadi

Sumber: YouTube Instagram perpusnas.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x