Mitos Gadis Sunda Dilarang Nikahi Lelaki Jawa, Begini Tanggapan Ridwan Kamil

- 8 Desember 2021, 15:44 WIB
Mitos orang Sunda dilarang menikahi suku Jawa berdasar peristiwa Perang Bubat pada zaman Kerajaan Majapahit mendapat tanggapan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Dok. Instagram/@ridwankamil)
Mitos orang Sunda dilarang menikahi suku Jawa berdasar peristiwa Perang Bubat pada zaman Kerajaan Majapahit mendapat tanggapan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Dok. Instagram/@ridwankamil) /

KARANGANYARNEWS - Mitos orang Sunda dilarang menikahi suku Jawa berdasar peristiwa Perang Bubat pada zaman Kerajaan Majapahit mendapat tanggapan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Lewat sebuah postingan di akun Instagramnya, @ridwankamil, gubernur yang lebih akrab disapa Kang Emil mencoba menepis mitos terlanjur mengakar di tengah masyarakat itu.

"Gadis Sunda dilarang menikahi lelaki Jawa? Itu hanya mitos yang diproduksi dalam menafsirkan peristiwa sejarah Perang Bubat yang sudah jauh lewat dan memiliki multitafsir sejarah," tulis akun Instagram @ridwankamil, Rabu (08/12/2021).

Ridwan Kamil memaparkan pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersepakat dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk bersama-sama menjalin kerja sama merajut persatuan serta kesatuan antardaerah.

Baca Juga: Bus Pariwisata Nggoling di Demak, Sejumlah Penumpang Terkapar

"Kami saling kunjung-mengunjungi. Kami datang ke Yogyakarta minggu lalu dan Sri Sultan datang ke Bandung minggu ini. Kami saling muhibah kesenian dan kebudayaan," ungkapnya.

Pada postingannya, Kang Emil juga menyebut beberapa puluh tahun silam saat Sri Sultan Hamengkubuwono X baru merajut kasih dengan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, keduanya kerap bertemu di Bandung.

Alasannya karena ketika itu GKR Hemas ikut orangtuanya yang berdinas di Pindad.

Dikatakan pula, sejatinya sudah sejak lama terjalin sinergi antara pemerintah Bandung dengan Pemprov DIY. Hal ini, di antaranya tergambarkan dengan nama jalan di kedua wilayah.  

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Instagram


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x