Jangan Lewatkan Malam Nisfu Syaban 24 Februari 2024, Keutamaan dan Amalan Lengkap

- 23 Februari 2024, 21:27 WIB
Malam Nifsu Syaban 24 Februari 2024, Keutamaan dan Amalan Lengkap
Malam Nifsu Syaban 24 Februari 2024, Keutamaan dan Amalan Lengkap /Pxhere

KARANGANYARNEWS – Pertengahan bulan Syaban jatuh pada 25 Februari 2024. Salah satu keistimewan bulan Syaban adalah malam Nisfu Syaban.

Nah, malam Nisfu Syaban sendiri jatuh pada Sabtu 24 Februari 2024.  Inilah malam pertengahan bulan Syaban dalam kalender Hijriyah.

Diketahui, Syaban merupakan bulan kedelapan, posisinya diapit dua bulan mulia, yaiyu Rajab dan Ramdhan. Bagi umat Islam, Syaban menjadi bulan persiapan memasuki Ramadhan.

Baca Juga: Muslim Wajib Tahu: 6 Amalan Kemuliaan dan Doa Bulan Rajab 2024

Menurut para ulama, Syaban berasal dari kata syib yang artinya jalan kebaikan. Bisa dikatakan di bulan Syaban umat Islam melalukan pemanasan menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

Kembali ke malam Nisfu Syaban, malam ini dikenal sebagai lailatul maghfirah atau malam pengampunan . Malam Nisfu Syaban adalah saat diangkatnya amal perbuatan kepada Allah SWT.

Diriwayatkan Ibnu Majah dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda: “Itulah bulan yang manusia lalai darinya; di antara bulan Rajab dan Ramadhan.

Di sana berisikan berbagai amal, perbuatan diangkat kepada Rabb semesta alam. Jika tiba malam nisfu Syaban, beribadahlah di malamnya dan puasalah di siangnya.”

Baca Juga: 4 Doa Buka Puasa Ayyamul Bidh: Arti, Waktu Membaca dan Keutamaan Puasa Sunnah Pertengahan Bulan 

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x