Ngupil Siang Hari, Apakah Membatalkan Puasa Ramadhan?

- 13 Maret 2024, 03:05 WIB
inilah jawabnya, apakah ngupil atau mengupil di siang hari selama bulan Ramadhan, membatalkan ibadah Puasa Ramadhan?
inilah jawabnya, apakah ngupil atau mengupil di siang hari selama bulan Ramadhan, membatalkan ibadah Puasa Ramadhan? /Ilustrasi/ Kabarbesuki-Pikiran Rakyat/

KARNGANYARNEWS - Muslim wajib tahu, inilah jawabnya. Apakah ngupil atau mengupil di siang hari selama bulan Ramadhan, membatalkan ibadah Puasa Ramadhan?

Ada yang menyebutnya ngupil, ada juga yang menamakan mengupil. Arti keduanya sama, memasukkan ujung jari ke rongga hidung.

Kaitannya dengan syariat ibadah Puasa Ramdhan, apakah ngupil atau mengupil di siang hari saat yang bersangkutan menjalani Puasa fardlu membatalkan Puasa Romadhon dia?

 Baca Juga: Doa Puasa Ramadhan Hari Kedua, Lengkap Lafal Arab, Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Sebagian ulama berpendapat, memasukkan sesuatu ke lubang yang berpangkal di rongga apa pun pada bagian tubuh manusia, dapat membatalkan Puasa orang yang melakukan.

Ulama dan atau ahli fikih lainnya berfatwa, ngupil yang membatalkan Puasa  itu jikalau memasukkannya ujung jari sampai batas awal ‘muntaha khaysum’ atau pangkal insang yang letaknya sejajar dengan mata.

 

Masuk ke Rongga

Lantas bagaimana penegasannya menurut syariat maupun para ulama, terkait fikih ngupil di siang hari bagi seseorang yang menjalankan ibadah pusan di bulan Ramadhan?

 Baca Juga: Keistimewaan Puasa Ramadhan Hari Kedua: Dicatat Puasa Satu Tahun dan Berlimpah Pahala

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x