Ganjar Pinjam Rusun di Banyumanik untuk Isolasi Terpusat

- 23 Juni 2021, 06:22 WIB
Rusun yang berlokasi di Kelurahan Sumur Boto Banyumanik Semarang yang dipinjam Gubernur Ganjar Pranowo dan akan dijadikan tempat isolasi terpusat.
Rusun yang berlokasi di Kelurahan Sumur Boto Banyumanik Semarang yang dipinjam Gubernur Ganjar Pranowo dan akan dijadikan tempat isolasi terpusat. /dokumentasi/Humas Pemprov Jateng

KARANGANYARNEWS-Sebuah apartemen atau rumah susun (Rusun) di Kelurahan Sumurboto, Banyumanik, Semarang bakal dipakai untuk isolasi terpusat bagi warga Jawa Tengah yang terpapar covid-19.

Peminjaman Rusun di Banyumanik milik Kementerian PUPR itu dilakukan untuk persiapan kebutuhan dan fasilitas itu sebagai langkah antisipasi apabila terjadi lonjakan kasus covid-19. Secara resmi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah meminjam Rusun di Banyumanik itu kepada kementerian.

"Saya sudah izin Pak Basuki (Menteri PUPR) malah dibantu mengkondisikan untuk dijadikan tempat isolasi terpusat," kata Ganjar saat mengecek Rusun di Banyumanik sambil gowes, Selasa (22/6/2021).

Ganjar menjelaskan, rusun di Bayumanik itu sebenarnya bagi Aparatur Sipil Negara PUPR di Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana. Rusun baru selesai dibangun dan belum pernah digunakan. Karena itu Ganjar berinisiatif meminjam dan disiapkan menjadi tempat isolasi terpusat selama pandemi covid-19.

"Ini rusun ASN yang belum dipakai. Ada kurang kebih 94 ruang. Kalau satu ruangan diisi dua orang lumayan bisa menampung banyak. Tempatnya juga representatif, bagus," jelas dia.

Ganjar memastikan, rusun ASN milik PUPR itu bisa menjadi tempat nyaman untuk isolasi terpusat. Sebagai gambaran, masing-masing ruangan memiliki ukuran sekitar 4,5x6 meter. Tiap ruangan memiliki satu kamar ukuran besar dan satu kamar dengan tempat tidur bertingkat. Ada juga ruang tamu yang bisa ditambahkan tempat tidur serta kamar mandi dan dapur.

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah