Gempa M7,1 Guncang Talaud Sulawesi, Tak Berpotensi Tsunami

- 12 Agustus 2021, 12:47 WIB
Gempa magnitudo (M) 7,1 terjadi pada Kamis, 12 Agustus 2021, pukul 00.46 WIB. Guncangan dirasakan warga Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Dok. BMKG)
Gempa magnitudo (M) 7,1 terjadi pada Kamis, 12 Agustus 2021, pukul 00.46 WIB. Guncangan dirasakan warga Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Dok. BMKG) /

KARANGANYARNEWS - Gempa dengan magnitudo (M) 7,1 terjadi pada Kamis, 12 Agustus 2021 dini hari, pukul 00.46 WIB. Guncangan cukup kuat dirasakan warga Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara.

Kendati dirasakan kuat, masyarakat setempat tidak mengalami kepanikan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Talaud menginformasikan guncangan dirasakan masyarakat setempat selama tiga hingga empat detik.

Baca Juga: Horoskop Jawa Hari Ini: Limpahan Rejeki ‘Lakune Geni’ Kamis Kliwon

BPBD juga melaporkan situasi aman dan terkendali saat ini. Di samping itu, belum ada laporan dampak dari fenomena alam itu.

Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, mengungkapkan, parameter gempa dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa M 7,1 ini berada di laut, 267 km Timur Laut Melanguane dengan kedalaman 51 km.

"Berdasarkan pemodelan, gempa tidak berpotensi tsunami," jelasnya, dilansir dari laman resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana, bnpb.go.id.

Dilihat pada kekuatan gempa yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, wilayah Kepulauan Talaud berada pada IV MMI, sedangkan Sangihe dan Bitung pada II – III MMI.

Analisis inaRISK menunjukkan Kabupaten Kepulauan Talaud merupakan wilayah yang memiliki potensi gempa bumi dengan kategori sedang hingga tinggi.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: bnpb.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah