Merdeka Bertransportasi, Apa Maknanya?

- 19 Agustus 2021, 08:28 WIB
Stasiun KA Yogyakarta
Stasiun KA Yogyakarta /Langgeng Widodo/

KARANGANYARNEWS-Ada banyak makna merdeka bertranspotasi, tergantung dari mana cara seseorang memandang. Setidaknya, hal itu terungkap dalam talkshow virtual bertajuk Merdeka Bertranspotasi, Rabu (18/8/2021) malam.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta Hari Prihatno mengatakan, makna merdeka bertranspotasi sebagai kemudahan mengakses dan menggunakan tranpsortasi dan dilindungi kesehatannya.

“Makna merdeka bertransportasi adalah intgerasi fasilitas, jadwal dan pembiayaan semua mudah diwujudkan,” ungkap Hari yang menjadi pembicara dalam talkshow tersebut.

Direktur utama PT KAI, Didiek Hartantyo mengatakan, makna merdeka bertransportasi adalah masyarakat punya kebebasan memilih transportasi yang efisien, tepat, dan nyaman.

"PT KAI bisa mewujudkan hal itu dengan dukungan stakeholder,” kata alumus Universitas Sebelas Maret (UNS) itu.

Hal senada dikatakan Plt Direktur Utama KCI, Roppiq Lutzfi Azhar. "Pengguna jasa kereta rel listrik atau KRL dengan mudah mendapatkan fasilitas, termasuk kenyamanan, keamanan, dan prokes," tambahnya.

Komunitas pengguna moda transportasi KA Prambanan Ekspres (Pramekers) Solo-Jogja menunggu terobosan dan kebijakan PT KAI.

"Saya sebagai pengguna berharap, semua penumpang terbebas dari penularan virus corona," kata Yusticia Ida, salah satu Pramekers.

Sementara itu, juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan makna merdeka bertransportasi adalah merdeka dari ancaman covid-19.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah