Aqubantik Wakili Klaten Di Ajang Krenova Jateng 2021

- 30 Agustus 2021, 00:36 WIB
Dwi Hartono pemilik UMKM Aquabantik memaparkan idenya kepada dewan juri Krenova Jateng 2021
Dwi Hartono pemilik UMKM Aquabantik memaparkan idenya kepada dewan juri Krenova Jateng 2021 /diskominfo klaten/

KARANGANYARNEWS - UMKM Aquabantik Dukuh Cabaan, Desa Sengon, Kecamatan Prambanan, mewakili Kabupaten Klaten dalam ajang lomba Kreativitas 2021 dan Inovasi (Krenova) Provinsi Jawa Tengah.

Produk unik ini bertanding bersama inovator lain di ajang yang sama dari kabupaten/kota se-Jawa Tengah. Melalui sambungan virtual via Zoom Meeting, Dwi Hartono pencetus sekaligus pemilik UMKM Aquabantik memaparkan idenya kepada dewan juri Krenova Jateng 2021.

Menurutnya selain inovasi produk, aquabantik yang merupakan akronim dari aquarium ban bekas cantik, diawali dengan banyaknya sampah ban bekas di sekitar tempat tinggalnya.

Baca Juga: Bantuan Alat Kerja Teruntuk Pelaku Usaha Mikro Kalijambe

Sampah-sampah ban bekas berbagai ukuran tersebut banyak yang belum termanfaatkan, lantaran nilai jualnya yang rendah. Kalaupun ada yang memanfaatkan, belum jadi produk unggulan yang meningkatkan nilai ekonomi.

“Selama ini ban bekas hanya dimanfaatkan untuk membuat tempat sampah, namun banyak yang tidak termanfaatkan sehingga menimbulkan permasalahan lingkungan,” ungkapnya, Rabu 25 Agustus 2021.

Menurutnya, banyak ban bekas yang mangkrak dan menjadi sarang nyamuk. Hadirnya inovasi yang aquabantik, sampah ban bekas menjadi berkurang drastis.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 19 Sudah Dibuka Hari Ini, Begini Cara Daftar dan Syaratnya!

“Selain itu, nilai jual ban bekas juga menjadi lebih tinggi. Saat ini peminatnya dari dalam dan luar Klaten. Pelanggan saya paling jauh dari Kota Bogor,” katanya.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah