Panan Raya Tembakau, Petani Keluhkan Minimnya Pembelian Pabrik Rokok

- 6 September 2021, 14:28 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo saat Sidak pada beberapa gudang tembakau milik pabrik rokok di Temanggung, Jawa Tengah
Gubernur Ganjar Pranowo saat Sidak pada beberapa gudang tembakau milik pabrik rokok di Temanggung, Jawa Tengah /humas pemprov jateng/

KARANGANYARNEWS – Panen raya tembakau tahun ini, masih dikeluhhkan para petani. Pasalnya, selain harganya belum sesuai harapan,  pabrik rokok juga belum maksimal membeli tembakau petani.

Demikian terungkap dalam Sidak Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranomo ke beberapa gudang tembakau milik pabrik rokok di Kabupaten Temanggung, Senin 06 September 2021.

Gudang tembakau yang dicek Ganjar, dua diantaranya milik PT Djarum dan satu lagi gudang tembakau PT Gudang Garam. Gudang tembakau PT Djarum, baik yang berlokasi di Jl Perintis Kemerdekaan, maupun di Jl Jl Raya Temanggung-Bulu, dua-duanya masih kosong.

Baca Juga: 4 Kabupaten di Jateng Jadi Pailot Proyek Sekolah Penggerak

Tidak terlihat keramaian petani sedang menjual tembakaunya. Di dalam gudang, kondisinya juga masih kosong mlompong, belum ada tumpukan tembakau.

"Kok masih kosong mas, tolong dipercepat pembeliannya. Bantu petani kita," pinta Ganjar pada pengelola gudang.

Berbeda dengan kondisi gudang tembakau PT Gudang Garam. Di tempat itu, transaksi jual beli tembakau sudah sangat ramai. Gudang-gudang di dalam juga sudah penuh tumpukan tembakau.

Baca Juga: Dibalik Garangnya Erupsi Merapi, Tersimpan Taman Nasional Terkecil Nan Eksotik

"Nah ini sudah bagus, gudangnya sudah pol, tumpukan mbakonya sudah tinggi. Maka kenapa saya cek ke sini, untuk memastikan ada percepatan. Mudah-mudahan pabrikan lain seperti Djarum bisa membantu melakukan hal yang sama," katanya.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x