Cegah Masuknya Varian Baru Corona, Pemerintah Perketat Seluruh Pintu Masuk Negara

- 13 September 2021, 23:31 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin menegaskan pemerintah melakukan pengetatan di seluruh pintu masuk negara guna mencegah masuknya varian baru SARS-CoV-2 (Foto Ilustrasi: Pixabay/fernandozhiminaicela)
Menkes Budi Gunadi Sadikin menegaskan pemerintah melakukan pengetatan di seluruh pintu masuk negara guna mencegah masuknya varian baru SARS-CoV-2 (Foto Ilustrasi: Pixabay/fernandozhiminaicela) /

KARANGANYARNEWS - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menegaskan pemerintah melakukan pengetatan di seluruh pintu masuk negara guna mencegah masuknya varian baru SARS-CoV-2.

Hal itu disampaikan menkes dalam Keterangan Pers mengenai Perkembangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Terkini, Senin, 13 September 2021 malam secara virtual.

“Pemerintah memutuskan untuk memperkuat seluruh pintu masuk negara dengan melengkapi dan memperketat proses karantina di sana, baik masuknya itu melalui udara, laut, maupun darat,” ujarnya, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Baca Juga: Divaksinasi Dihadapan Presiden, Joko Widodo Tersendu Menangis Haru

Selain itu, pemerintah juga mengawasi secara ketat perkembangan varian baru virus corona dari seluruh dunia.

Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan terdapat tiga varian yang masuk dalam pengamatan pemerintah, yakni varian Lambda (C.37) yang sudah tersebar di 42 negara, varian Mu (B.1.621) tersebar di 49 negara, dan varian C.1.2 yang sudah menyebar ke sembilan negara.

“Ketiga varian ini memang sedang dalam penelitian, bagaimana perilakunya, laju penularannya, dan apakah mereka bisa menghindar dari antibodi yang terbentuk secara natural maupun vaksinasi. Sampai sekarang memang belum ada hasil riset yang pasti,” kata dia.

Lebih lanjut Menkes menegaskan, ketiga varian yang diamati itu belum terdeteksi di Tanah Air.

Sementara guna mendeteksi keberadaan varian baru SARS-CoV-2, pemerintah juga terus meningkatkan upaya pengetesan whole genome sequensing (WGS).

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x