PKK Desa Jetis Wetan, Hijaukan Tanah Kas Desa dengan Sayuran Organik

- 20 September 2021, 22:50 WIB
Anggota kelompok tani wanita Desa Jetis Wetan, Kecamatan Pedan, memanen sayur organik hasil bududaya pertaniannya
Anggota kelompok tani wanita Desa Jetis Wetan, Kecamatan Pedan, memanen sayur organik hasil bududaya pertaniannya /diskominfo klaten/

KARANGANYARNEWS - Keberhasilan budidaya sayura dan buah-buahan organik kelompok PKK Desa Jetis Wetan, Kecamatan Pedan ini, sangat menginspirasi kelompok perempuan dari berbagai daerah lain.

Kelompok Wanita Tani dan PKK desa inilah yang berhasil menyulap tanah kas desa terbengkelai, dijadikan lahan subur nan hijau penuh sayuran dan buah-buahan organik, siap dipanen setiap hari.

Saparini, 43 tahun, salah satu anggota Tim Penggerak PKK Desa Jetis Wetan saat ditemui awak media menjelaskan, kegiatan tanam sayur organik ini juga melibatkan komunitas lain.

Baca Juga: Tampil Memukau, FK Metra Boyolali Tutup Gelaran Seni Tradisional Virtual

“Ada tiga kelompok yang terlibat gerakan tanam sayur organik ini. Masing-masing Kelompok Tani Wanita (KWT) Srikandi, Hatinya PKK dan Greenhouse,” terang dia.

Dengan tanaman organik, menurut Saparini selain lebih aman juga sehat dikonsumsi. Dijelaskan juga, sebelum menanam  bibit sayuran mereka mendapat pelatihan, menghadirkan narasumber dari kecamatan.

Jenis tanaman yang dibudidayakan, pun diupayakan dicarikan bibit yang mudah didapatkan. Dimaksud agar mudah dibudidayakan di mana pun. Diantaranya cabai, sawi, bayam, kangkung, pare, tomat, terong, pisang, papaya, dan alpukat.

Baca Juga: Pandemi, Transaksi Pasar Modal Meningkat

Selain itu, juga ada lahan untuk budidaya ikan lele. Empat kolam, masing-masing ditebar 100 bibit lele. Menurutnya, dikarenakan lahannya masih terbatas, hasil panenannya juga masih diperuntukkan masyarakat setempat.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x