Ini Dukungan Pemerintah untuk Pemulihan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

- 28 September 2021, 22:40 WIB
Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sangat terdampak pandemi tak luput dari perhatian pemerintah untuk dapat pulih dan bangkit. (Foto Ilustrasi: Dok. Istimewa/setkab.go.id)
Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sangat terdampak pandemi tak luput dari perhatian pemerintah untuk dapat pulih dan bangkit. (Foto Ilustrasi: Dok. Istimewa/setkab.go.id) /

KARANGANYARNEWS - Berbagai upaya pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional telah mulai menunjukkan hasil membaik. Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sangat terdampak pandemi tak luput dari perhatian pemerintah untuk dapat pulih dan bangkit.

Dukungan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk pariwisata dan ekonomi kreatif disalurkan melalui berbagai program, di antaranya Bangga Berwisata di Indonesia, Bangga Buatan Indonesia, dan Indonesia Care/I Do Care di sektor perhotelan dan pariwisata.

Dukungan juga telah diberikan kepada kegiatan perfilman, Bantuan Pemerintah untuk Usaha Pariwisata (BPUP), hingga dukungan akomodasi hotel untuk para tenaga kesehatan.

Baca Juga: Polri Usut dan Tindak Tegas Pelaku Penyerangan Ulama

“Program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) bagi pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada tahun ini anggarannya juga ditingkatkan menjadi Rp60 miliar. Ini berarti meningkat hampir tiga kali lipat dibanding tahun 2020 yang anggarannya Rp24 miliar,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2021, Senin, 27 September 2021 secara virtual.

Sasaran penerima BIP adalah tujuh subsektor ekonomi kreatif, yakni aplikasi, game developer, kriya, fesyen, kuliner, film, dan sektor pariwisata.

Pihaknya menambahkan, pemerintah melalui dana PEN juga mengalokasikan sebesar Rp7,67 triliun pada tahun ini untuk mendukung pengembangan kawasan strategis pariwisata nasional dan pelatihan sumber daya manusia (SDM) pariwisata.

Pada 2020, pemerintah memberikan dana hibah pariwisata sebesar Rp3,3 triliun kepada pemerintah daerah (Pemda) untuk menekan dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: 8 Tanda Kamu sedang Kena Pelet, Salah Satunya Bucin Akut!

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x