4 Pusaka Majapahit Tersimpan di Museum Amerika, Inilah Kisah Heroiknya

- 29 September 2021, 06:26 WIB
Empat pusaka keemasan Kerajaan Singhasari dan Majapahit, warisan teruntuk bangsa dan Negara Indonesia, kini tersimpan di The Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat (AS)
Empat pusaka keemasan Kerajaan Singhasari dan Majapahit, warisan teruntuk bangsa dan Negara Indonesia, kini tersimpan di The Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat (AS) /dok fbm/ kustawa esye/

KARANGANYARNEWS – Berita empat pusaka keemasan Kerajaan Majapahit yang kini tersimpan di museum Amireka Serikat, sebagaimana dilansir karanganyar.com sebelumnya, memunculkan ratusan pertanyaan netizen.

Menjawab kian santernya pertanyaan neizen,  berikut penjelasan detail masing-masing pusaka warisan nenek moyang bangsa Indonesia yang kini tersimpan di The Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat (AS).

  1. Pataka Sang Dwija Naga Nareswara

Pusaka Kerajaan Majapahit ini berbentuk Pataka Nagari sebagai perwujudan dari naga kembar tirta amertha. Dibuat pada era Kerajaan Singasari pada abad 12-13 Masehi dan diwariskan kepada Kerajaan Majapahit.

Baca Juga: Inilah Jejak Keemasan Majapahit, 4 Tombak Pusaka Tersimpan di Amerika

Berbentuk tombak terbuat dari tembaga. Menurut referensi, Pataka ini berhasil diselamatkan oleh Sangrama Wijaya ketika Kerajaan Singasari mengalami keruntuhan, saat diserang Kerajaan Gelang-Gelang.

Pada Pataka inilah pertama kali dikibarkan bendera Majapahit yang bernama Gula Kelapa (Merah-Putih), sekarang kita warisi menjadi Bendera Sang Saka Merah Putih.

  1. Pataka Sang Hyang Baruna

Tombak Pataka ini dibuat pada jaman Kerajaan Singasari, abad 12-13 Masehi. Pataka ini, juga pernah diselamatkan oleh Sangrama Wijaya di masa kehancuran Singhasari atas serangan Kerajaan Gelang-gelang.

Baca Juga: Jejak Sejarah Angkringan (5), Arena Sosialita Tak Bedakan Strata Sosial

Pataka kebesaran atau keagungan Kerajaan, dipasang di atas kapal yang memimpin atau mewakili rombongan ekspedisi Kerajaan. Bendera atau panji-panji yang dipasang bernama;  ‘Getih Getah Samudra’ (lima garis merah dan empat garis putih), bendera armada militer Singhasari dan  Majapahit.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x