Pemerintah Perpanjang PPKM Jawa-Bali, Tempat Bermain Anak di Mal Boleh Buka

- 18 Oktober 2021, 22:32 WIB
Pemerintah kembali melakukan sejumlah penyesuaian pembatasan aktivitas masyarakat di PPKM Jawa-Bali periode 19 Oktober hingga 1 November 2021 mendatang.. (Foto Ilustrasi: Freepik)
Pemerintah kembali melakukan sejumlah penyesuaian pembatasan aktivitas masyarakat di PPKM Jawa-Bali periode 19 Oktober hingga 1 November 2021 mendatang.. (Foto Ilustrasi: Freepik) /

KARANGANYARNEWS - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan hingga saat ini situasi pandemi Covid-19 di Indonesia terus terkendali pada tingkat rendah.

Kasus konfirmasi harian nasional juga terus menunjukkan tren penurunan sejak mencapai puncak pada Juli lalu.

“Saat ini hanya tersisa kurang dari 20 ribu, tepatnya 18 ribu (kasus aktif) secara nasional dan kurang dari 7000 (kasus aktif) di Jawa-Bali, tepatnya tujuh ribuan. [Menurun drastis] dibandingkan lebih dari 570 ribu kasus aktif pada puncak varian Delta pada 15 Juli yang lalu,” ujar Luhut Binsar Pandjaitan, usai mengikuti rapat terbatas dipimpin Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengenai evaluasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Senin, 18 Oktober 2021 secara virtual.

Baca Juga: PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang 3 Pekan, Tak Ada Daerah Level 4

Indikator lain menunjukkan situasi pandemi terus membaik adalah semakin menurunnya tingkat kematian akibat Covid-19.

“Pada 17 Oktober kemarin, DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta, dan Bali mencatat nol kematian. Provinsi lain di Jawa-Bali mencatat kurang dari lima kematian per hari. Angka ini saya kira jauh lebih bagus lagi daripada Bulan Juni sebelumnya,” kata Menko Marves, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Luhut Binsar Pandjaitan meyakini, angka kematian rendah dapat terus dipertahankan seiring semakin meningkatnya capaian vaksinasi, terutama bagi kelompok masyarakat lanjut usia (lansia).

“Tingkat kematian yang sudah rendah ini kami yakin akan mampu dijaga, seiring dengan capaian vaksinasi lansia Jawa-Bali yang meningkat tajam sejak cakupan vaksinasi lansia yang dijadikan (syarat) penurunan level PPKM,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Menko Marves, akselerasi vaksinasi akan terus dilakukan untuk mengejar target cakupan 70 persen vaksinasi lansia pada akhir tahun.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x