Ciptakan Robot Sterilisasi PTM, 2 Siswi MTsN 5 Sragen Raih Prestasi InternasionaL

- 28 Oktober 2021, 01:17 WIB
Azizah Alwaristu dan Aishita Yuliana Puspitasari menorehkan prestasi di ajang robotika tingkat nasional hingga internasional
Azizah Alwaristu dan Aishita Yuliana Puspitasari menorehkan prestasi di ajang robotika tingkat nasional hingga internasional /Kustawa Esye/

KARANGANYARNEWS - Azizah Alwaristu dan Aishita Yuliana Puspitasari menorehkan prestasi di ajang robotika tingkat nasional hingga internasional.

Kedua siswi kelas IX MTsN 5 Sragen ini, menciptakan mesin robot pintar, untuk mendukung pembelajaran aman di masa pandemi, yang diberi nama Masbot.

Robot multifungsi di masa pandemi, tampil sebagai finalis di Madrasah Robotic Competition (MRC) tahun 2021, diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag) RI di ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD, Tangerang Selatan minggu lalu.

Baca Juga: E-Meterai Diluncurkan, Menkeu Harap Jadi Wujud Transformasi Ekonomi Indonesia

Tidak hanya itu, Masbot juga masuk semifinal di ajang Asean Robotic Day, September lalu. Bahkan, robot karya Azizah dan Aishita juga akan diikutkan di ajang nasional dan internasional.

Salah satu kreatornya Masbot, Azizah Alwaristu menjelaskan, robotnya digagas dengan ide awal menciptakan suasana aman untuk pembelajaran tatap muka,  dalam situasi pandemi Covid-19.

"Ide awalnya karena sudah dimulainya PTM harus dilakukan sterilisasi, cek suhu dan lain-lain. Makanya kita ingin menciptakan mesin robot yang bisa melakukan semua itu dalam satu mesin," ungkap Azizah.

Baca Juga: Wauw Top Markotop, Fauziah Raih Dua Medali PON XX Papua

Robot ini berfungsi mengukur suhu tubuh, sterilisasi barang milik siswa, hand sanitizer secara otomatis, penyemprot desinfektan dan berjalan sesuai jalur dipandu sensor.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x