Peringati Hari HAM, Polri Gelar Lomba Orasi Unjuk Rasa

- 25 November 2021, 00:29 WIB
Divisi Humas Polri bakal menggelar lomba orasi unjuk rasa Piala Kapolri 2021 pada 10 Desember 2021 dalam rangka peringatan Hari HAM se-dunia. (Foto Ilustrasi: Pixabay/OrnaW)
Divisi Humas Polri bakal menggelar lomba orasi unjuk rasa Piala Kapolri 2021 pada 10 Desember 2021 dalam rangka peringatan Hari HAM se-dunia. (Foto Ilustrasi: Pixabay/OrnaW) /

KARANGANYARNEWS - Divisi Humas Polri bakal menggelar lomba orasi unjuk rasa Piala Kapolri 2021 pada 10 Desember 2021 mendatang. Kegiatan itu sekaligus dalam rangka momentum peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo, mengungkapkan lomba orasi ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan ruang dan wadah kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan ekspresinya.

"Memberikan wadah atau ruang bagi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan ekspresinya, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat cara menyampaikan aspirasi sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku," kata Kadiv Humas Polri dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 24 November 2021.

Baca Juga: Hasil Villarreal Vs Manchester United: Carrick Ciamik! Bawa Setan Merah Lolos 16 Besar Liga Champions

Adapun tema diusung adalah "Memperingati Hari Hak Asasi Manusia". Sementara subtema bersifat bebas.

Peserta dibebaskan untuk menyampaikan orasi dalam bentuk kritik atau pun masukan membangun.

Jenderal bintang dua menambahkan, kegiatan ini merupakan komitmen dari Polri yang sangat menghargai aspirasi masyarakat. Hal itu sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 28 dan UU Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

"Polri selalu menghormati dan menghargai hak asasi manusia dalam bentuk mengawal demokrasi dengan melindungi warga negara yang menyampaikan pendapat di muka umum," ujar mantan Kapolda Kalimantan Tengah itu, dilansir dari Portal Berita Resmi Polri, TribrataNews.

Teknis lomba orasi nantinya melalui proses seleksi di tingkat Polda dan akan disaring untuk masuk ke tingkat Mabes Polri.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: TribrataNews


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah