Pupuk Indonesia Pastikan Stok dan Distribusi Pupuk Subsidi

- 12 Januari 2022, 01:58 WIB
Direktur Pemasaran PT Pupuk Indonesia, Gusrizal melakukan pengecekan langsung ke gudang penyangga di Klaten, Jawa Tengah, Selasa (11/1/2022).
Direktur Pemasaran PT Pupuk Indonesia, Gusrizal melakukan pengecekan langsung ke gudang penyangga di Klaten, Jawa Tengah, Selasa (11/1/2022). /Langgeng Winarah/

KARANGANYARNEWS-Direktur Pemasaran PT Pupuk Indonesia, Gusrizal menyatakan, stok pupuk subsidi di awal 2022 mencapai 1,13 juta ton.

Rinciannya, pupuk urea 512 ribu ton, NPK 305 ribu ton, SP-36 103 ribu ton, ZA 135 ribu ton, dan organik 80 ribu ton. Stok tersebut mencukupi untuk kebutuhan hingga satu bulan ke depan.

“Kami saat ini tengah gencar meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah, agar stok pupuk subsidi di gudang-gudang kami dapat segera tersalurkan sesuai alokasi pemerintah,” ujar Gusrizal.

Untuk memastikan kesiapan stok, Gusrizal melakukan pengecekan langsung ke gudang penyangga di Klaten, Jawa Tengah, Selasa (11/1/2022). Sebelumnya, Gusrizal mengecek kesiapan stok di gudang Sragen dan Karanganyar.

"Selain memastikan kesiapan stok, kami terus memperkuat pengawasan dalam pendistribusian," kata Gusrizal.

Ada pun bentuk pengawasan Pupuk Indonesia sesuai prinsip 6 tepat, yaitu tepat mutu, tepat waktu, tepat jumlah, tepat tempat, tepat jenis, dan tepat harga.

Untuk memastikan tepat mutu, Pupuk Indonesia secara berkala melakukan uji produk melalui laboratorium terakreditasi. Setiap produk memiliki kode produksi untuk memudahkan penelusuran jika terdapat kekurangan.

Untuk memastikan tepat jenis, jumlah, waktu, dan tempat, Pupuk Indonesia memastikan ketersediaan stok pupuk subsidi di tingkat distributor dan kios resmi sesuai alokasi dari pemerintah daerah setempat.

Sedangkan untuk tepat harga, Pupuk Indonesia memastikan pupuk subsidi dijual sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) di tingkat kios resmi.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah