Soal Pembangunan IKN, Jokowi Sebut Tidak akan Meninggalkan Jakarta

- 10 Maret 2022, 23:57 WIB
Prosesi pelantikan Kepala dan Wakil Kepala IKN serta Gubernur Sulawesi Selatan, Kamis 10 Maret 2022
Prosesi pelantikan Kepala dan Wakil Kepala IKN serta Gubernur Sulawesi Selatan, Kamis 10 Maret 2022 /Setkab

KARANGANYARNEWS - Pemerintah tidak akan meninggalkan kota Jakarta, meskipun nantinya akan ada pemindahan IKN (Ibu Kota Negara) ke Nusantara. Hal itu ditegaskan presiden Joko Widodo atau Jokowi saat memimpin rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 10 Maret 2022.

"Juga disampaikan Jakarta pun akan kita perbaiki, bukan ditinggalkan. Jangan ada sebuah persepsi itu," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini. 

IKN (Ibu Kota Nusantara), kata Jokowi akan dibangun di wilayah daratan seluas sekitar 256.142 hektare dan wilayah perairan laut seluas sekitar 68.189 hektare yang berada di kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur.

Baca Juga: Bambang Susantono Resmi Dilantik Jadi Kepala Otorita IKN

"Tolong yang disampaikan urusan pemerataan PDB (Produk Domestik Bruto) ekonomi, urusan ketimpangan wilayah antara Jawa dan luar Jawa, urusan mengenai padatnya populasi di Jawa yaitu 56 persen penduduk Indonesia ada di Jawa, PDB ekonomi 58 persen di Jawa," imbuh Jokowi sebagaimana dilansir KaranganyarNews dari AntaraNews.

Hal tersebut Presiden Jokowi tugaskan langsung kepada Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe yang baru saja dilantik sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara.

"Saya harapkan nanti Otorita juga bisa untuk deputinya merekrut orang daerah sehingga keterlibatan masyarakat di daerah betul-betul kita libatkan dan komunikasikan ke berbagai elemen, kenapa sih ada pemindahan ini," tegas Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Tetapkan 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara

Dalam Rencana Induk IKN, disebutkan pembangunan IKN akan terjadi dalam 5 tahap yaitu pada tahap I pada 2022-2024 untuk pembangunan perkotaan, pembangunan infrastruktur dasar, dan pembangunan ekonomi serta relokasi TNI, Polri dan BIN; tahap II pada 2024-2029 dengan target fasilitas transportasi umum primer maupun sekunder sudah siap dipakai.

Halaman:

Editor: Abednago Afriadi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah