Pembangunan IKN, Ini Hal Pertama yang bakal Dilakukan

- 15 Maret 2022, 07:35 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau Persemaian Mentawir di Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin, 14 Maret 2022. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau Persemaian Mentawir di Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin, 14 Maret 2022. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev) /

KARANGANYARNEWS - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung Persemaian Mentawir di Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin, 14 Maret 2022.

Presiden yang tiba di lokasi pukul 17.15 WITA berkeliling untuk melihat sejumlah fasilitas dan bibit pohon yang ada di lokasi persemaian.

Dalam keterangan persnya selepas peninjauan, Jokowi kembali menegaskan pemerintah berkomitmen untuk mengawali pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan merehabilitasi hutan yang ada.

Baca Juga: Sidang Isbat Awal Ramadan 1443 H Digelar 1 April secara Hybrid

“Inilah yang sudah sering saya sampaikan bahwa pembangunan IKN akan kita awali dengan merehabilitasi hutan-hutan yang ada agar area-area di IKN dan sekitarnya agar kembali pada fungsi semula, yaitu sebagai hutan tropis dan bukan hutan yang monokultur, yang homogen,” ujarnya, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Persemaian Mentawir dalam enam hingga tujuh bulan ke depan diharapkan akan dapat memproduksi 15 juta hingga 20 juta bibit pohon, antara lain terdiri atas kayu nyatoh, meranti, kapur, gaharu, hingga jambu-jambuan.

Dengan penanaman pohon-pohon tersebut, diharapkan akan menarik hewan dan burung-burung untuk masuk ke habitatnya di IKN.

Baca Juga: Ribut Label Halal Disebut Jawa Sentris, Begini Tanggapan Kemenag

“Saya kira semangat awal kita adalah seperti ini dan kita harapkan dengan penanaman kembali habitat yang ada akan kembali seperti semula dan suasana di IKN Nusantara nanti betul-betul seperti konsep yang sudah kita rencanakan, yaitu kota hutan,” jelas Jokowi.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x