Tertinggi Sepanjang Sejarah, 105.016 Kendaraan Lewati Tol pada H-3 Lebaran

- 2 Mei 2022, 02:21 WIB
Mudik Lebaran Tahun Ini Diperkirakan Mencapai 79 Juta Orang
Mudik Lebaran Tahun Ini Diperkirakan Mencapai 79 Juta Orang /

KARANGANHARNEWS - Arus mudik Lebaran 2022 ini disebut telah memecahkan rekor jumlah tertinggi kendaraan yang melintasi tol di Indonesia. PT Jasa Marga mencatat, ada 105.016 kendaraan yang telah melintasi tol pada H-3 Lebaran 2022.

Ratusan ribu kendaraan tersebut menurut Jasa Marga, meninggalkan Jabotabek menuju arah Timur atau Cirebon, Semarang, Solo, Surabaya, dan sekitarnya pada H-3 Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 H atau Jumat 29 April 2022 lalu.

Jumlah tersebut meningkat 165,5 persen dari lalu lintas normal periode November 2021 sebanyak 39.554 kendaraan. Angka ini menurut Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, memecahkan rekor sebelumnya pada periode arus mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1441 H/2019.

Baca Juga: Nge Trip Asyik di 4 Jalur Mudik

Jasa Marga saat itu mencatatkan rekor tertinggi melayani volume lalu lintas saat arus mudik, yaitu sebanyak 103.077 kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju timur via Jalan Tol Trans Jawa yang melintas melalui GT Cikampek Utama.

Dwimawan sebagaimana keterangan resminya mengatakan, pihaknya mengoperasikan gardu tol hingga dua kali lipat dari kondisi lalu lintas normal.

"Kami memaksimalkan kapasitas gerbang tol untuk melayani peningkatan volume lalu lintas di GT Cikampek Utama, yang mengoperasikan total 30 lajur transaksi serta penambahan empat mobile reader secara tandem," ungkap Dwimawan sebagaimana yang dilansir KaranganyarNews dari AntaraNews.

Baca Juga: 20 Nomer Penting di Jateng, Lancarkan Mudik

Terselenggaranya layanan arus mudik dengan lalu lintas tertinggi pada libur lebaran tidak lepas dari kolaborasi bersama stakeholder seperti kepolisian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. ***

Editor: Abednago Afriadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x