Indonesia Dilanda Suhu Panas Ekstrim, BMKG; Waspadai Hingga 15 Mei

- 10 Mei 2022, 03:25 WIB
Makin tingginya suhu panas yang terjadi di Indonesia  saat ini, menurut BMKG bukan merupakan fenomena gelombang panas
Makin tingginya suhu panas yang terjadi di Indonesia saat ini, menurut BMKG bukan merupakan fenomena gelombang panas /ilustrasi pixabay /

KARANGANYARNEWS – Makin tingginya suhu panas di Indonesia  saat ini, bukan fenomena gelombang panas. BMKG menyebutkan, merupakan fenomena dalam skala variabilitas harian.

Demikian disampaikan Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Guswanto. Dijelaskan, fenomena suhu panas ini di siang hari ini akan terjadi hingga pertengah Mei 2022.

“Masyarakat dihimbau menjaga kondisi stamina dan kecukupan cairan tubuh, terutama bagi warga yang beraktifitas di luar ruangan pada siang hari,” kata Guswanto sebagaimana diberitakan Antara, Senin 09 Mei 2022.

Baca Juga: Bikin Miris, 3 Bocah Pamerkan Kemaluan di Stadion

Guswanto mengatakan, fenomena makin tingginya panas terik yang dirasakan beberapa hari terakhir, menurutnya dipicu oleh beberapa hal.

Diantaranya, karena posisi semu matahari saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator, mengindikasikan sebagian wilayah Indonesia akan memasuki musim kemarau.

Selain itu, tingkat pertumbuhan awan dan fenomena hujan juga akan berkurang dan cuaca cerah pada pagi hingga siang hari akan lebih mendominasi.

Baca Juga: Lily Wahid Adik Gus Dur Meninggal Dunia, Dimakamkan di Ponpes Tebu Ireng

Dominasi cuaca yang cerah dan tingkat awan yang rendah, menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG, akan mengoptimalkan paparan sinar matahari ke permukaan Bumi.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x