Masyarakat Diimbau Waspada Hadapi Subvarian Baru Omicron

- 14 Juni 2022, 00:24 WIB
Pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati dalam menghadapi subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5 di Tanah Air. (Foto: Humas Setkab/Rahmat)
Pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati dalam menghadapi subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5 di Tanah Air. (Foto: Humas Setkab/Rahmat) /

KARANGANYARNEWS - Pemerintah terus memantau perkembangan kasus Covid-19 pascaterdeteksi subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5 di Tanah Air. Kendati situasi pandemi saat ini terkendali, pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati dalam menghadapi subvarian tersebut.

Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Senin, 13 Juni 2022, usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dipimpin Presiden RI Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta.

“Bapak Presiden juga memberikan arahan ke kami bahwa lebih baik kita waspada, lebih baik kita berhati-hati. Kewaspadaan kita, konservatifnya kita, kehati-hatian kita sudah memberikan hasil bahwa kondisi penanganan pandemi di Indonesia, termasuk yang relatif baik dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia,” ujar Menkes, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Baca Juga: Tarif Listrik 3.500 VA ke Atas Naik, Pelanggan Subsidi Tetap

Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, varian BA.4 dan BA.5 memicu kenaikan kasus di sejumlah negara.

Namun, varian ini memiliki tingkat kenaikan kasus, hospitalisasi, maupun kematian jauh lebih rendah dibandingkan awal munculnya varian Omicron.

“Hasil pengamatan kami bahwa puncak dari penularan varian BA.4 dan BA.5 ini sekitar sepertiga dari puncak Delta dan Omicron, kasus hospitalisasinya juga sepertiga dari kasus hospitalisasi Delta dan Omicron, sedangkan kasus kematiannya sepersepuluh dari kasus kematian di Delta dan Omicron,” ungkapnya.

Menkes pun mengonfirmasi adanya delapan kasus subvarian baru Omicron di Tanah Air.

Baca Juga: Dinyinyir Netizen, Nabila Ishma Diminta Hapus Foto dan Videonya dengan Eril

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x