Falsafah Filosofi Angka 77 dalam HUT Kemerdekaan RI Tahun 2022

- 18 Agustus 2022, 08:05 WIB
Angka 77 dalam logo HUT Kemerdekaan RI Ke-77 dimaknai sebagai momentum seluruh elemen bangsa Indonesia mencari 'pitutur', 'pituduh' dan 'pitulungan'
Angka 77 dalam logo HUT Kemerdekaan RI Ke-77 dimaknai sebagai momentum seluruh elemen bangsa Indonesia mencari 'pitutur', 'pituduh' dan 'pitulungan' /foto dok setneg/

KARANGANYARNEWS - Angka 77 yang melekat dalam logo HUT Kemerdekaan RI di tahun 2022, bermakna sakral dalam falsafah filosofi Jawa.

Angka 77 yang menandai usia kemerdekaan bangsa Indonesia, dalam falsafah filosofi Jawa juga disebutkan merupakan pralambang bilangan terpenting dalam tata kelola kehidupan.

Baik dalam makrokosmos yang dalam kehidupan masyarakat Jawa disebut  'jagad gedhe', demikian halnya mikrokosmos yang sering dikatakan juga 'jagad cilik'.

Baca Juga: Ngaji Jiwa Jawi: Nasi Tumpeng Kemerdekaan, Ilmu Mawujud Filosofi Kehidupan

Keterkaitannya angka 7 dengan berbagai aspek kehidupan ini, sebagaimana dilansir KaranganyarNews.com dari beberapa sumber menyebutkan, diantaranya tentang penciptaan alam semesta 7 hari.

Dalam tata kelola kehidupan Jawa, juga disebutkan langit itu berlapis tujuh bahasa Jawa-nya 'langit sap pitu', hingga nama-nama hari dalam rotasi hitungan satu minggu pun berjumlah 7.

Simbul angka 7 yang Bahasa Jawa-nya berarti 'pitu', dalam falsafah filosofi Jawa dimaknai 'pitulungan' (pertolongan), 'pituduh' (petunjuk) dan 'pitutur' (ajaran) sering dimaknai juga 'wejangan'.  

 Baca Juga: Cek Fakta: AKP Rita Yuliana Menjanda, Gegara Selingkuh dengan Ferdy Sambo

Falsafah filosofi adi luhung warisan nenek moyang kita tadi, bahkan hingga saat ini tetap menjadi pemahaman di luar kepala masyarakat Jawa," kata Ki Buyut Lawu, Ketua Komunitas Kiai Damar Sesuluh (Spirit Reliqius, Cultural & Education).

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x