Profil Abdullah Azwar Anas, Menpan RB Pengganti Tjahjo Kumolo

- 7 September 2022, 17:01 WIB
Profil Abdullah Azwar, Menpan RB yang menggantikan Tjahjo Kumolo. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Abdullah Azwar sebagai Menpan RB di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 7 September 2022. (Foto: Dok. Istimewa/menpan.go.id)
Profil Abdullah Azwar, Menpan RB yang menggantikan Tjahjo Kumolo. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Abdullah Azwar sebagai Menpan RB di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 7 September 2022. (Foto: Dok. Istimewa/menpan.go.id) /

KARANGANYARNEWS - Profil Abdullah Azwar Anas, Menpan RB Pengganti Tjahjo Kumolo. Jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) akhirnya diisi Abdullah Azwar Anas setelah diangkat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 7 September 2022.

Jokowi melantik alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) itu untuk mengisi posisi MenPAN-RB yang kosong setelah Tjahjo Kumolo meninggal dunia awal Juli lalu.

Pelantikan didasarkan pada Surat Keputusan Presiden RI Nomor 91/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Baca Juga: Sah! Tarif Ojol Resmi Naik Sabtu Besok, Ini Daftar Harganya

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara. Saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Abdullah Azwar Anas menirukan sumpah yang dibacakan Presiden Jokowi.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengucapkan sumpah jabatan dengan mengenakan setelan jas berwarna biru dongker, dasi merah, peci hitam serta bermasker.

Baca Juga: Trailer Film Sri Asih Resmi Rilis, Tayang di Bioskop 6 Oktober 2022

Mengutip laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id, sebelum dilantik menjadi Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas menjabat Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) sejak 13 Januari 2022.  

Abdullah Azwar Anas juga pernah menjabat sebagai Bupati Banyuwangi selama dua periode, yakni pada periode 2010-2015 dan periode 2016-2021.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x